oleh

Bupati Mundjidah Apresiasi Kelompok Ternak di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Bupati Jombang memberikan apresiasi kepada kelompok ternak yang ada di Jombang. Apresiasi itu berkaitan dengan program Farmer Social Responsibility yakni peternak peduli yaitu bagi kelompok ternak yang sudah berhasil menyumbangkan hasil ternaknya kepada kelompok ternak lain.

“Program Farmer Social Responsibility sangat bagus, saya berharap nanti program ini lebih baik dan nantinya pemerintah akan membantu agar program ini lebih berkembang lagi.” tutur Bupati dalam dialog Warung Pojok Kebon Rojo di Dusun Pangajaran, Desa Galeng dowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Senin (29/4/2019).

Sementara itu, Wakil Bupati Jombang Sumrambah menambahkan, kaitannya Kabupaten Jombang yang merupakan basis lumbung pangan di Jawa Timur termasuk produksi pertanian dan peternakan.

Menurut dia, banyak limbah yang dihasilkan dari hasil pertanian, mulai dari jerami, pohon jagung dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Hewan ternak di Jombang masih terlalu sedikit di banding hasil limbah pertanian.

“10 tahun yang lalu sudah dicanangkan program fermentasi limbah pertanian dibuat sebagai pakan ternak hingga bisa mencukupi kadar protein yang di butuhkan binatang ternak,” ucapnya.

Sumrambah berpesam kepada kelompok ternak agar benar benar merawat hewan ternak yang didapat dari dana hibah. Jangan sampai dengan alasan sakit dan mati hingga tidak bisa berkembang. Harapannya dengan keberhasilan program ini kebutuhan daging di Kabupaten Jombang nantinya bis tercukupi bahkan kalau bisa dikirimkan ke Kabupaten lain disekitar Jombang


Editor: Hafid