oleh

Hasil Akhir Rekapitulasi KPU Sidoarjo, Jokowi-Ma’ruf Menang Mutlak

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Hasil akhir rapat pleno rekapitulasi terbuka yang dilakukan KPU Kabupaten Sidoarjo, Capres-Cawapres nomor urut 01 Jokowi- Ma’ruf Amin menang mutlak dari rivalnya Capres-Cawapres 02 Prabowo- Sandi, Kamis (2/4/2019) malam.

Petugas KPUD Sidoarjo yang membacakan hasilnya, Jokowi-Ma’ruf meraih 817.853 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi mendapat 350.788 suara. Hasil suara tersebut, dari jumlah pemilih di Sidoarjo 1.460.911 suara. Sedangkan, surat suara sah yang masuk sebanyak 1.200.703. Dari surat suara sah 1.168.641 suara, dan yang tidak sah 32.062 suara.

Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin juga menyampaikan, tahap demi tahap pemilu hingga hasil akhir rapat pleno rekapitulasi suara telah dilalui sesuai peraturan dan perundang-undangan.

“Sejauh ini, semua sudah final. Mari saling merawat dan menegakkan, persatuan dan kesatuan kembali,” ujarnya.

Nur Achmad, Ketua tim lembaga pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin bersyukur atas unggulnya capres-cawapres nomor urut 01 tersebut. “Puji syukur, Sidoarjo memenangkan paslon Capres 01. Dan itu melebihi target 70 persen, menjadi 71 persen,” katanya.

Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Tito Pradopo menyikapi rapat pleno di KPUD Sidoarjo, semua berjalan sesuai prosedur, jujur dan transparan. Proses demokrasi di Sidoarjo, berjalan aman dan kondusif.

“Kami disini kembali berteman, bergandengan tangan. Semua demi menjaga, persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo KH. Agoes Ali Mashuri mengucapkan terimakasih kepada KPU, Bawaslu, Polri dan TNI serta masyarakat yang tetap menjaga persatuan, sehingga pemilu 2019 di Sidoarjo berlangsung aman dan damai.

“Rasa syukur kami ucapkan, semuanya memiliki rasa cinta kepada tanah air,” tuturnya.

Terpisah, Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menuturkan, pelaksanaan pemilu di Sidoarjo hingga akhir telah berjalan kondusif. Semua berkat partisipasi masyarakat, dan nilai untuk golput pemilu menurun.

Baca Juga  Petugas Gabungan Amankan WNA Cina di Home Stay Pare Kediri

“Keberhasilan ini, patut kita syukuri. Semua sudah berusaha maksimal, dan diterima dengan lapang dada,” tutupnya.


Editor: Hafid