oleh

Petugas Sambut Baik Pemudik Beristirahat di Pos Pengamanan Pintu Tol Tembelang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Selain menjadi Pos pengamanan lebaran 2019 Polres Jombang, bangunan pos yang didirikan di pintu tol Tembelang, Jombang juga menjadi tempat peristirahatan bagi para pengendara atau pemudik du hari raya Idul Fitri 1440 H.

Hal itu terlihat, sejumlah pengendara berhenti di pos pam tersebut untuk beristirahat. Mereka berhenti untuk melepas lelah setelah beberapa jam menempuh perjalanan bersama keluarganya dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Para personil TNI/Polri yang melakukan pengamanan di pos tersebut, menyambut dengan ramah dan baik kepada pengendara yang beristirahat tersebut. Petugas melakukan dialogis dengan mereka untuk menciptakan suasana keakraban.

Kapolsek Tembelang Polres Jombang, Iptu Sarwiaji menuturkan, pos tersebut juga dapat digunakan peristirahatan para pengendara yang dalan perjalan untuk pulang kampung/mudik ke kampung halamannya. Pos tersebut, kata Sarwiaji, disiagakan 24 jam selama operasi ketupat semeru tahun 2019.

“Jika ada pengendara yang beristirahat, kami ajak ngobrol (dialog) dan himbauan agar selalu berhati-hati serta mawas diri selama perjalanan,” kata Iptu Sarwiaji ditemui di Pos Pintu Tol Tembelang, Rabu (29/5/2019) sore.

Dia mengatakan, di pos tersebut, jumlah personil yang disiagakan sebanyak 9 anggota dari Polri dan TNI. Para personil itu bertugas mengantisipasi dan mengurangi kemacetan di seputar pintu masuk dan keluar tol Tembelang. Petugas juga mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas di sekitarnya.

“Petugas dari kesehatan juga disiagakan, untuk mengantisipasi adanya petugas maupun pemudik yang kelelahan,” ujarnya.

Iptu Sarwiaji menambahkan, dirinya menghimbau kepada setiap pengguna jalan raya agar tetap waspada dan jangan lengah, saat berkendara, jika lelah segera istirahat di pos pam dan pelayanan yang telah disediakan. Pengguna jalan diharapkan untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama.

Baca Juga  Karyawati Koperasi Gantung Diri di Kantor

Sebagaimana diketahui, pada operasi ketupat semeru 2019 ini, Polres Jombang menerjunkan 750 personel anggota polisi dan 500 dari instansi terkait. Pada operasi menjelang hari raya idul fitri ini, Polres menyiapkan 6 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan denga jumlah 7 pos yang tersebar di sejumlah titik.

Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto usai gelar pasukan pada Selasa (28/5/2019) mengatakan, dalam pengamanan tersebut, petugas juga dibekali senjata laras panjang untuk mengantisipasi serangan gari keras atau radikal yang dapat membahayakan anggota dan masyarakat.

”Penggunaan senjata dalam kendali masing-masing perwira pengendali di pos pam,” kata Kapolres Jombang.


Editor: Hafid