oleh

Polda Jatim Gerebek Tempat Penyimpanan Bayi Lobster Senilai Rp 5,4 M di Sidoarjo

SIDOARJO, Jurnaljatim.com – Sebuah bangunan bekas warkop pak dokter yang berada di jalan raya Randegan 33-42 Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, di grebek oleh petugas gabungan dari Polda Jatim. Bangunan tersebut, diduga sebagai tempat penyimpanan bayi lobster jenis mutiara dan pasir yang bernilai Rp 5,4 miliar.

Bersama BKIPM Jatim, petugas berhasil mengamankan bayi lobster sebanyak 37.558 ekor yang ditempatkan dalam toples di bak mirip aguarium.

“Per toples, isinya sekitar 150 ekor. Totalnya puluhan ribu ekor dengan nilai 5,4 miliar,” Sebut Kabidhumas Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera, Jumat (31/5/2019).

Selain barang bukti puluhan ribu bayi lobster, petugas juga mengamankan tujuh tersangka pelaku penyimpanan bayi lobster tersebut.

“Tersangka ini berasal dari luar daerah. Sedangkan tempatnya, dikontrak untuk menyimpan lobster,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasubdit lV Tipidter Polda Jatim AKBP Rofiq, mengungkapkan, puluhan ribu bayi lobster itu diperoleh dari beberapa daerah. Diantaranya, dari NTB, Jawa Barat dan Jawa Timur. Rencananya, bayi lobster akan dikirim ke negara Vietnam, Thailand dan Singapura. Sedangkan, di Sidoarjo hanya sebagai tempat transit saja.

“Bayi lobster ini dikemas dalam kotak boks putih. Untuk mengelabui, atasnya ditutupi dengan benih nener,” ungkapnya.

Diwaktu yang sama, Kepala BKIPM Jatim, Muhlin, menyampaikan, larangan penyimpanan bayi lobster tersebut sudah tertuang dalam peraturan menteri kelautan no 56 tahun 2016 tentang larangan penangkapan dan pengeluaran kepiting atau lobster.

Menurutnya, kepiting atau lobster yang boleh ditangkap adalah yang tidak bertelur dan beratnya diatas 200 gram. Kalau dibawahnya, memang dilarang keras untuk dibudidayakan.

“Kasus bayi lobster ini, ukurannya masih sangat kecil sekali,” paparnya.

Kepada para tujuh tersangka pelaku penyimpanan bayi lobster tersebut terancam hukuman penjara maksimal 10 tahun penjara atau denda sebesar Rp 2 miliar.

Baca Juga  SBY Akan Pimpin Rapat Pembahasan Paslon Pilgub Jatim 2018

Editor: Hafid