oleh

Rekapitulasi Suara di KPU Sidoarjo Berakhir Aman Dan Lancar

SIDOARJO, Jurnaljatim.com – Proses rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pemilu 2019 di Kabupaten Sidoarjo, yang berjalan selama tiga hari akhirnya berakhir dengan lancar dan aman. Selama itu pula, Polresta Sidoarjo, melakukan pengamanan super ketat.

Dalam pengamanan, Polresta Sidoarjo mengerahkan 140 personil. Sedangkan dari Kodim 0816 Sidoarjo ada 10 personil, dibantu oleh Satpol-PP Sidoarjo 5 personil serta petugas PMK 5 personil.

“Alhamdulillah, proses penghitungan suara selesai. Namun, kami tetap melakukan pengamanan hingga tanggal 22 Mei,” ucap Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho, Kamis (2/5/2019) malam.

Zain menjelaskan, pengamanan hasil rekapitulasi suara pemilu tetap dilakukan, dan kepolisian juga tetap mengawal penyerahan hasil suara ke KPU propinsi.

“Rencananya langsung diserahkan, usai penandatanganan hasil rekapitulasi KPU Sidoarjo,” katanya.

Ketua LSM Taruna Merah Putih Sidoarjo Heru Sastrawan, juga mengatakan demikian. Bahwa semua sudah bekerja secara maksimal dan sangat minim adanya kecurangan.

Senada diungkapkan M.Rosul, divisi pengawasan Bawaslu Sidoarjo. Menurut dia, semua pihak telah membangun demokrasi yang transparan dan berintegritas. Semua itu adalah langkah awal, menuju negara Indonesia yang berdemokrasi.

“Saya ucapkan terimakasih, kepada aparat kepolisian dan TNI yang telah ikut menjaga keamanan pemilu damai di Sidoarjo,” ungkapnya kepada Jurnaljatim.com

Terpisah, tokoh dari PKB Sidoarjo H. Abd Wahab mengatakan, pemilu di Sidoarjo telah berjalan aman dan lancar. Mulai dari pencoblosan hingga penghitungan hasil perolehan suara.

“Siapapun yang menang, tetap jaga kerukunan dan persatuan. Meskipun partai kami menang di Sidoarjo, tetap satu untuk Indonesia,” tuturnya.


Editor: Azriel