oleh

Gali Septic tank, Warga Kediri Temukan Arca Ganesha

KEDIRI (Jurnaljatim.com) – Supriyanto (48), Dusun Kwagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tanpa sengaja menemukan arca Ganesha, di sekitar rumahnya. Penemuan benda bersejarah yang membuat gempar warga setempat, kemudian di laporkan ke perengkat desa setempat.

Menurut informasi yang didapat, penemuan benda purbakala berupa patung itu bermula dari Suprianto yang menggali septic tank di area bangunan rumah barunya yang masih dalam tahap pondasi.

Saat mencapai kedalaman sekitar 2 meter, tiba-tiba cangkulnya mengensi sebuah benda keras. Setelah digali lebih dalam, ia dikejutkan dengan penampakan benda antik berupa arca berbentuk ganesha dan Donggalan sejumlah bata merah besar. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke perangkat desa setempat.

Warga yang mendengar kabar penemuan benda antik tersebut, langsung berduyun-duyun mendatangi lokasi untuk melihat langsung dan mengabadikannya dengan kamera ponsel. Benda purbakala itu, kemudian diamankan oleh perangkat desa setempat.

AKP Suharjito, Kapolsek Kepung Kediri mengatakan, pihaknya akan membantu mengamankan benda tersebut. Selain itu juga melakukan koordinasi dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto untuk penanganan selanjutnya.


Editor: Hafid