oleh

Halal Bihalal, Pemkab Nganjuk Ajak Komitmen Wartawan Tolak Berita Hoaks

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Puluhan wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Kabupaten Nganjuk menggelar halal Bihalal di halaman depan salah kantor media online lokal, di Jalan Gatot Subroto, Kota Nganjuk, Sabtu (15/6/2019). Selain di hadiri dari insan pers tampak hadir pula Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perwakilan dari Pemerintah Daerah Nganjuk, pengusaha serta dari Komunitas Dulur Bakul Nganjuk.

Ketua Panitia Halal bihalal, Puguh Santoso menyampaikan, bahwa kegiatan itu untuk mempererat tali silaturahmi wartawan dari berbagai media yang ada di Kabupaten Nganjuk.

“Halal Bihalal kali ini dilaksanakan karena masih dalam suasana lebaran sehingga sangat tepat sekali sebagai sarana untuk saling memaafkan,” kata Puguh Santoso yang merupakan salah satu wartawan di Nganjuk.

Selain itu, Kata Bujel panggilan akrab dari Puguh Santoso, halal bihalal itu juga untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan sesama insan pers dalam melaksanakan tugas di lapangan. Selama dilapangan, kata dia, mungkin ada gesekan diantara awak media, sehingga di waktu yang masih dalam suasana Idul fitri bisa menjadikan lebih kompak dalam menjalankan tugas.

“Dengan halal Bihalal kita berusaha ciptakan kerukunan dan kebersamaan pada seluruh wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Kabupaten Nganjuk,” ungkap Bujel.

Sementara itu, Sopingi Kabag Pemerintahan Daerah Nganjuk yang hadir mewakili Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat, menyampaikan, jika kegiatan halal bihalal yang digagas oleh para wartawan tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Nganjuk.

“Mewakili Bupati Nganjuk, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk insan pers yang ada di Nganjuk,” ungkap Sopingi.

Sopingi juga menyampaikan pesan dari Bupati, diharapkan para insan pers yang ada di Kabupaten Nganjuk untuk senantiasa turut mensukseskan program – program pembangunan yang ada di Nganjuk.

Baca Juga  Dua Pasien Demam Berdarah Di Nganjuk Meninggal

“Pers sangat mempunyai peran sentral demi suksesnya pembangunan yang ada serta mewujudkan moto dari Kabupaten Nganjuk nyawiji dan bermartabat bangun desa noto kuto,” terang Sopingi.

Selain itu, Sopingi juga mengajak semua untuk berkomitmen menolak adanya berita hoaks serta ujaran kebencian. Tak hanya itu, dalam menyampaikan pemberitaan jangan sampai menyesatkan masyarakat.

“Sampaikan informasi ke masyarakat berita-berita yang berdasarkan fakta yang ada serta sampaikan secara berimbang,”ungkap Sopingi.

Kegiatan halal bihalal yang digelar oleh Komunitas Wartawan Nganjuk dan Lintas Lembaga tersebut di akhiri dengan saling berjabat tangan dari pers yang hadir dengan para undangan dan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah serta hiburan organ tunggal.


Editor: Hafid