oleh

Inilah Juara Lomba Dai Cilik Polres Jombang Tingkat Kabupaten

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Lomba da’i dan da’iyah cilik tingkat Kabupaten yang digelar oleh Polres Jombang, berjalan dengan baik dan lancar. Para peserta dari masing-masing Polsek jajaran Polres Jombang tampil dengan baik tanpa ada kendala yang berarti.

Lomba dai cilik tersebut digelar di gedung Graha Bhakti Bhayangkara (GBB) Mapolres Jombang, Kamis (27/6/2019). Perlombaan yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73 tersebut, dibuka langsung oleh Waka Polres Jombang, Kompol Budi Setiono.

Pantauan Jurnaljatim.com, tiga orang juri yang berkompeten, dihadirkan untuk memberikan penilaian terhadap penampilan para peserta. Dewan juri tersebut yakni, perwakilan MUI Jombang, Perwakilan Kemenag Jombang, dan Syaifudin (Gus Ipud) dari lowyer Satresnarkoba Polres Jombang.

Foto: Ketiga juara dai cilik tingkat Kabupaten berfoto bersama dengan dewan juri dan Kasat Resnarkoba AKP Moch Mukid serta Kasat Reskrim AKP Azi Pratas Guspitu. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Satu persatu peserta maju dan tampil didepan dan berceramah tentang materi Sinergitas Polri, TNI dan Masyarakat dengan durasi waktu 10 menit. Ada beberapa Dai, yang sudah selesai berceramah dan masih menyisakan waktunya.

Applous (tepuk tangan), dari para penonton, termasuk para orangtua yang mendampingi anak-anaknya membuat suasana semakin meriah.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, melalui ketua Panitia lomba Da’i dan Da’iyah cilik, AKP Moch Mukid SH mengatakan, selain memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73, tujuan lomba tersebut juga untuk mencari bibit-bibit baru yang berbakat menjadi penceramah agama.

“Tujuannya, mencari bibit baru dalam mensyiarkan agama. Tentunya, mereka yang menjadi juara akan kita ikutkan pada event lomba di tingkat propinsi,” ujar AKP Mukid yang juga Kasat Resnarkoba Polres Jombang kepada Jurnaljatim.com.

Mukid juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu mensukseskan kegiatan tersebut. “Kesuksesan acara ini, atas bimbingan dari bapak Kapolres, yang selalu mendukungan dan mensupport kepada kami semua,” ujar AKP Mukid.

Baca Juga  Inilah Sosok Kuswanto, Caleg DPRD Jatim Dari Partai Demokrat
Foto bersama para peserta dai cilik tingkat Kabupaten bersama dewan juri dan panitia usai acara lomba di GBB Polres Jombang. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Diakhir lomba, Dewan juri mengumumkan tiga orang anak yang menjadi juara. Pengumuman itu dibacakan oleh Ilham Rohim SAg MHi, anggota dewan Juri dari Kementerian Agama Kabupaten Jombang.

Para juara lomba Da’i dan da’iyah yakni, juara satu (1) atas nama Ahmad Maulana Syifa delegasi dari Polsek Peterongan dengan nilai 1.243, kemudian juara dua (2) atas nama Rizki Maulana dengan nilai 1.202, delegasi dari Polsek Diwek, dan juara ketiga (3) delegasi dari Polsek Jombang atas nama Devi Wulan Sari dengan nilai 1.193.

Selanjutnya, ketiga juara tersebut, maju kedepan untuk menerima ucapan selamat dan hadiah berupa uang serta piagam penghargaan dari Polres Jombang.

Ilham Rohim, usai acara menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Jombang tersebut sangat positif. Yakni, mensuppot dan semangat kepada anak-anak untuk menyampaikan dakwah di masyarakat untuk mengajak kebaikan.

“Mudah-mudahan, denga lomba kegiatan ini senantiasa mendapatkan rahmad dari Allah SWT, dan yang juara nantinya menjadi orang hebat dan bermartabat, untuk yang belum mendapatkan juara selalu bersemangat untuk memperbaiki diri untuk maju ke jenjang berikutnya,” kata Ilham kepada Jurnaljatim.com

Ilham Rohim yang menjabat sebagai Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Jombang berharap kegiatan semacam itu, dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Kami dari Kemenag Jombang juga mengucapkan selamat dan sukses Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 73 tahun 2019 Polres Jombang,” pungkasnya.


Editor: Azriel