oleh

Kelurahan Kedondong Nganjuk Lakukan Gerakan Penghijauan

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Kelurahan Kedondong, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk melakukan gerakan penghijauan di lingkup Kelurahan. Hal itu sebagai salah satu upaya mensukseskan program penanaman seribu tanaman buah, dan melestarikan budaya lokal serta menghijaukan lingkungan yang bersih.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kelurahan Kedondong bersama kelompok masyarakat (pokmas) “Kedondong Asri”, menyerahkan bantuan bibit buah-buahan seperti klengkeng, rambutan, jambu kristal, jambu air dan jeruk sejumlah 1500 buah kepada warga masyarakat, kamis (27/06).

Erfin Junaidi, selaku Kepala Kelurahan Kendodong, mengungkapkan, gerakan penghijauan di kelurahan kedondong adalah sebuah program inovasi yang direncanakan oleh pemerintah Kelurahan bersama Pokmas.

“Tujuan gerakan ini, untuk memberikan edukasi kepada warga masyarakat untuk lebih peduli terhadap penghijauan di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan cara menanam tanaman, misalnya buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman hias dan tanaman toga,” ujarnya

Dengan diadakannya gerakan penghijauan tersebut, menjadikan warga masyarakat lebih tahu tentang memanfaatkan pekarangan di sekitar lingkungannya. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tanaman produktif itu juga dapat menambah nilai gizi bagi keluarga dan sekaligus ikut membantu peningkatan bagi kesejahteraan keluarganya.

Dalam agenda tersebut masyarakat tampak aktif mengikuti kegiatan penanaman pohon yang digagas oleh pemerintah Kelurahan Kedondong. Dengan penuh kesadaran, mereka mengawal program tersebut dan berkomitmen untuk menjaga tanaman yang telah ditanam bersama.

“Masyarakat harus membantu untuk senantiasa merawat dan memelihara tanaman agar terjaga dengan baik, lakukanlah penyiraman serta pemupukan, ajak anggota keluarga lainnya untuk gemar memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman produktif,” terang Erfin.


Editor: Hafid