oleh

Penumpang Naik 10 Persen, Menteri Perhubungan Apresiasi KAI

MADIUN, (Jurnaljatim.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Madiun, Jawa Timur. Budi Karya tiba di Madiun bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek dan rombongan untuk meninjau arus mudik dan balik di stasiun Madiun, Sabtu (8/6/2019).

Menhub Budi Karya memberikan apresiasi kepada PT Kereta Api Indonesia yang telah mengantarkan seluruh penumpang ke berbagai tujuan selama Lebaran tahun 2019 yang lebih dari 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Saya mengapresiasi KAI yang bisa mengangkut penumpang banyak. Yakni lebih banyak 10 persen dari tahun lalu,” ujar Budi Karya di Madiun kepada wartawan.

Ia mengatakan, sesuai data jumlah penumpang yang diangkut PT KAI pada masa angkutan Lebaran 2019 mencapai 3,6 juta orang. Angka tersebut naik 10 persen dari tahun 2018 yang hanya 3,3 juta penumpang.

Budi menilai kenaikan itu merupakan yang tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, biasanya kenaikan penumpang yang terakomodasi oleh PT KAI tidak lebih dari 5 persen setiap tahun.

“Ini kenaikan bisa tembus 10 persen. Berarti ada perbaikan untuk melakukan rekayasa tertentu agar maksimalisasi ini bisa dilakukan,” kata dia.

Kondisi tersebut didukung oleh minat masyarakat yang menggunakan moda trasportasi kereta api dalam perjalanannya. Sebab, rata-rata nyaman, tepat waku, dan minim kecelakaan.

“Di Madiun sendiri naik juga naik 9 persen. Jadi naik-naik ini menandakan masyarakat yang membuat perjalanan dan Insya Allah hal itu salah satu tanda lebih makmur dan punya daya beli,” ujarnya.


Editor: Hafid