oleh

Polres Ngawi Gelar Apel Pengamanan Pilkades Serentak 2019

NGAWI (Jurnaljatim.com) – Polres Ngawi menggelar apel kesiapan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 di Alun-alun Merdeka, Ngawi, Jumat (28/6/2019). Pilkades serentak digelar di 178 desa dari 213 desa yang ada di 19 Kecamatan, Kabupaten Ngawi, Jawa timur.

Dalam sambutannya Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono. menyampaikan apel kesiapan pengamanan Pilkades serentak di Ngawi, dalam rangka mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri sebelum diterjunkan ke lapangan.

Sehingga, diharapkan pemimpinya di lingkungan desa mendapat jaminan keamanan, agar disetiap tahapan pemilihan Pilkades bisa berjalan tertib dan kondusif.

Bupati mengatakan, Polri selaku pengemban fungsi pemerintah di bidang harkamtibmas, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kegiatan preventif maupun reporsif yang merupakan bentuk kegiatan terbuka yang dilakukan oleh sektor Polres Ngawi yang di bantu instansi terkait.

“Seluruh anggota polres Ngawi, Kodim dan Linmas untuk berkomitmen dan bekerja sama mengawal pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Ngawi agar berjalan tertib aman dan sukses,” pungkasnya.

Kapolres Ngawi, AKBP Pranata Hutajulu, mengatakan, Pilkades tahun 2019 memiliki komplesitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena dilaksanakan secara serentak sebanyak 789 TPS dari 178 Desa.

“Kondisi ini menuntut akan adanya upaya yang maksimal dari pihak keamanan terutama Kepolisian dan dibantu TNI serta instansi terkait untuk menjga stabilitas situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Ngawi,”Katanya`

Ia menerangkan, Polres Ngawi sudah menyiapkan sistem pengamanan dan ploting personal sesuai dengan kerawanan serta karakteristik masyarakat Kabupaten Ngawi. Ia mengatakan, pengamanan Pilkades itu berpedoman Peraturan Kapolri Nomor 01 Tahun 2019 Tentang Penggunaan Standart Operasional Prosedur Pengamanan Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Ngawi.

“Pelaksaan Pengamanan Pilkades serentak Tahun 2019 ini dibantu dari Polres jajaran, Polda Jatim, SAT Brimob Polda jatim, Kodim 0805 Ngawi, Satpol PP, dan Personil Linmas dengan personel pengamanan sejumlah 3.478 personil,” pungkasnya.

Baca Juga  Pengiriman Tersendat, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Editor: Hafid