oleh

Sidoarjo Luncurkan Program Layanan Lumpur Tinja

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Pemkab Sidoarjo meluncurkan program layanan lumpur tinja yang menjadi Kabupaten pertama kali di Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut sebagai bukti, bahwa Pemkab Sidoarjo sangat merespon positif terhadap permasalahan air limbah domestik.

“Program ini, akan masuk dalam RPJMD Pemkab Sidoarjo,” kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat peresmian di Fave hotel, Selasa (18/6/2019).

Menurut Bupati, layanan tersebut masih belum sepenuhnya sempurna. Namun, seiring berjalannya waktu, sistem tersebut segera bisa disempurnakan.

Untuk menunjang program itu, lanjut Bupati, sudah ada aplikasi yang berbasis online dengan nama Lestari (Layanan e-Sedot Tinja Periodik). Sehingga, lebih mudah dan bisa berlangganan.

“Alhamdulillah, semua berkat kerjasama semua pihak. Perdanya juga ada, yakni Perda no 5 tahun 2018,” tuturnya.

Bupati juga mengungkapkan, sebenarnya sanitasi untuk pembuangan air limbah tinja itu sudah ada sejak tahun 2016 lalu. Dan sekarang, sudah mencapai 82 persen.

“Kekurangannya, akan segera dituntaskan,” jelasnya.

Menurutnya, program tersebut sangat cocok dengan perumahan. Terlebih, Sidoarjo sekarang terdapat banyak perumahan. Sehingga, lebih efektif dan efisien.

“Kalau bisa disekat jadi satu, dan di tempatkan diatas tanah fasum,” ungkap Bupati dua periode.

Sedangkan untuk pengolahannya sendiri, sudah ada di wilayah Jabon. Adapun dampak lingkungan, lebih aman dan terjaga.

“Pengolahan itu di sebut, Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT),” pungkasnya.


Editor: Azriel