oleh

Hari Bhayangkara ke 73, Polres Jombang Ziarah ke TMP Kusuma Bangsa

JOMBANG (Jurnaljatim.com) -Memperingati hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019, Polres Jombang melakukan upacara ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Jombang, Rabu (3/7/2019). Ziarah dipimpin langsung oleh Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto.

Sekitar jam 07.00 WIB, kegiatan ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, doa untuk arwah para pahlawan dan diakhiri penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan.

Foto: PJU Polres Jombang ziarah di TMP Kusuma Bangsa. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Upacara itu diikuti oleh Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiono, PJU Polres Jombanh, para Kapolsek dan ketua beserta pengurus Bhayangkari cabang Jombang, serta sejumlah Purnawirawan Polri.

“Ziarah di Taman Makam Pahlawan merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” kata Kapolres Jombang di lokasi TMP.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga diatas pusara Taman Makam Pahlawan.

Kapolres bersama sejumlah PJU kemudian melakukan doa dan tabur bunga di makam Bupati Pertama Jombang tahun 1910-1930, RAA Soeroadiningrat dan bupati kedua 1930-1946, RAA Setjoadiningrat.

AKBP Fadli mengatakan, kegiatan ziarah tersebut merupakan bagian dari seluruh rangkaian peringatan hari Bhayangkara Polri Ke-73 Polres Jombang.

Maksud dan tujuannya adalah memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur mendahului, dan sekaligus memberikan semangat kepada semuanya dan mengikuti jejak para pahlawan.

“Tentunya juga sebagai pengingat kepada kami, karena kami juga akan meninggal didalam kubur, sehingga saat hidup kita sudah mempersiapkan kematian kita,” terang Kapolres usai melakukan ziarah.

Foto: Kapolres dan Wakapolres bersama Bhayangkari Jombang usai ziarah di TMP Kusuma Bangsa. (Zainul Arifin)

Di hari Bhayangkaran ke 73 tahun 2019 ini, Kapolres berharap secara khusus kepada anggotanya untuk meningkatkan profesionalitas kerja dan terpercaya, hal itu untuk mewujudkan visi dan misi Kapolri.

“Harapan saya sebagai Kapolres Jombang, khususnya kepada Anggota Polres Jombang untuk meningkatkan profesionalisme, terpercaya, itu harus mampu diwujudkan,” terang Kapolres.

Baca Juga  Gedung Baru BPR Delta Artha Sidoarjo Resmi Dibuka

Selain itu, lanjut Kapolres, aggota untuk mengurangi hal-hal yang menyakiti hati rakyat, memperbanyak kegiatan-kegiatan sosial untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat dan membantu masyarakat. Sebab, undang- undang yang diamanahkan ke Polri sangat besar.


Editor: Hafid