oleh

Laka Beruntun di KM 747 Tol Sidoarjo, Mobil Ringsek

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan terjadi di KM 747 / jalur B, Sidoarjo arah Waru Utama, Selasa, (9/7/2019). Akibat laka lantas itu, ketiga kendaraan mengalami kerusakan parah di bagiab depannya.

Masing-masing kendaraan yang mengalami kecelakaan diantaranya, Toyota Yaris bernopol W 1039 PK, dikemudikan oleh Gabriella TIffany, (23), asal Taman Tiara Regency, Buduran, Sidoarjo. Kemudian Toyota Rush bernopol B 2912 BYE, dikemudikan oleh Iwan Julianto, (46), asal Wisma Permai, Mulyorejo, Surabaya. Serta Bus Tiara Mas bernopol EA 7287 A, dikemudikan oleh Mislani Abdullah, (46), asal Dusun Watu Ulo, Desa Rejosari, Glagah, Banyuwangi.

“Tidak ada korban meninggal maupun luka, Namun kecelakaan ini membuat kerusakan pada kendaraan Yaris dibagian belakang, kendaraan Rush dibagian depan dan belakang serta Bus dibagian depan,” kata Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Bambang Sukmo Wibowo.

Ia menjelaskan, kecelakaan bermula saat ketiga kendaraan tersebut melaju di lajur tengah dengan kecepatan sekitar 60 Km/jam dari arah Sidoarjo menuju Waru. Pada saat tiba di KM 747/jalur B, kendaraan Yaris berhenti mendadak karena mesin mati.

Melihat Yaris berhenti mendadak, Toyota Rush yang saat itu berada di belakangnya, seketika melakukan pengereman. Hal yang sama juga terjadi pada Bus yang posisinya di belakang kendaraan Rush. Bus juga mendadak melakukan pengereman ketika melihat Yaris dan Rush yang tiba-tiba berhenti.

Karena kondisi jalan yang lurus serta kecepatan laju kendaraan yang cukup tinggi, maupun jarak yang sudah terlalu dekat, membuat pengemudi Rush dan Bus tidak dapat menghindari Yaris yang berhenti di depannya.

“Upaya menghindari benturan dengan cara membanting kemudi ke arah kanan pun ternyata tidak dapat mencegah terjadinya kecelakaan beruntun,” ungkap Bambang.

Baca Juga  Karyawan PT GG Tewas Kecelakaan di Gatot Subroto

Dari hasil analisa anggota di lokasi kejadian, kecelakaan terjadi diduga karena Yaris yang berhenti mendadak akibat mengalami kerusakan mesin. Diduga pengemudi Yaris tidak memberikan tanda apapun untuk memberikan informasi kepada pengemudi lainnya, sehingga terjadilah kecelakaan beruntun.

“Saat terjadi kecelakaan arus lalu lintas ramai lancar dan cuaca cerah. Sempat terjadi kepadatan arus lalu lintas sebelum anggota Sat PJR Jatim II tiba di lokasi,” tukas Bambang.

Sementara itu, penumpang Bus dipindah ke Bus lain menuju ke terminal Bungurasih. Sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan diamankan ke Mako Induk Jatim II Sat PJR Ditlantas Polda Jatim. (PJR)


Editor: Hafid