oleh

Musim Kemarau, Enam Kecamatan di Jombang Rawan Kekeringan

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Musim kemarau di Jombang diprediksi menjadi pemicu terjadinya kekeringan disejumlah tempat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang menegaskan ada 6 Kecamatan dan Desa rentan kesulitan air.

Kepala BPBD Jombang, Abdul Wahab mengatakan kejadian kekeringan di Jombang merupakan situasi yang berulang. Pihaknya sendiri sudah melakukan persiapan. Diantaranya, persiapan lokasi untuk bantuan masyarakat, persiapan alat transportasi, persiapan anggaran dan sumber-sumber air yang bisa didistribusikan ke tempat kekeringan.

“Ada enam kecamatan,” kata Wahab kepada awak media, Senin (8/7/2019).

Enam Kecamatan dimaksud, Kecamatan Wonosalam di Desa Sumberjo, Kecamatan Mojoagung di Desa Kedunglumpang, Kecamatan Bareng di Desa Ngrimbi, Pakel, dan Karangan. Selanjutnya Kecamatan Bandar Kedungmulyo di Desa Karangdagangan, Plandaan di Desa Klitih, Bangsri, dan Jipurapah serta Kecamatan Kabuh di Desa Marmoyo.

“Sampai detik ini belum ada laporan kekurangan air,” terangnya.

Di Jombang ada 21 embung kesemuanya mengalami penyusutan. Ada 6 embung masih aktif, namun ada satu embung masih aktif bisa difungsikan, yaitu Embung Jambe. Fungsi embung sendiri untuk menampung air hujan, yang bisa difungsikan sebagai irigasi dan konsumsi.

“Sejauh ini belum ada permintaan air bersih dari masyarakat,” jelasnya.

Berdasarkan informasi lanjutan dari BPBD, embung masih aktif kerap digunakan masyarakat untuk mengairi persawahan di sisa musim tanam penghujan terakhir. Ada istilah di Jombang untuk masa tanam padi dalam hitungan satu tahun, dengan musim Rendeng, Gadu, dan Bero. Pada musim Bero, persawahan butuh banyak pengairan dari embung.

Pihak BPBD Jombang tengah melakukan assasement. Jika sewaktu-waktu ada surat permintaan dari Desa, pihaknya akan segera melakukan reaksi cepat penanganan. Sembari mengajukan usulan Surat Keterangan (SK) pernyataan bencana untuk 6 kecamatan rawan krisis air bersih. SK diajukan ke provinsi untuk pengadaan air bersih.

Baca Juga  Berkunjung ke Rumah Pacar, Mahmudi Bacok Satu Keluarga

Editor: Hafid