oleh

Pileg 2019, PKB Raih Kursi Terbanyak di Kabupaten Tuban

TUBAN (Jurnaljatim.com) – Peta politik di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban periode 2019-2024 masih tetap sama. Karena hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 membuktikan bahwa Bumi Wali Tuban masih cukup hijau. Terbukti, PKB kembali menjadi parpol pemenang dengan meraih kursi legislatif terbanyak untuk tingkat Kabupaten.

Hal itu sesuai dengan hasil rapat pleno terbuka tentang penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Tuban pada Pemilu 2019, yang digelar KPU Tuban, di salah satu rumah makan di jalan Basra, Kabupaten Tuban, Senin, (22/7/2019).

“Partai di Tuban, partai yang paling tinggi ada PKB dengan meraih 16 kursi legislatif,” kata Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan.

Selanjutnya, disusul partai Golkar meraih 9 kursi legislatif, PDIP, Gerindra dan Demokrat mendapat 5 kursi. Sedangkan, Nasdem 2 kursi, PPP 2, PAN 3, dan Hanura, PKS, serta PBB meraih 1 kursi.

“50 caleg terpilih telah kita tetapkan dalam rapat pleno terbuka,” tambah Ketua KPU Tuban.

Menurutnya, dalam prosesnya pemilu 2019 di Kabupaten Tuban ini telah selesai dan telah ditetapkan calon terpilih anggota DPRD Tuban. Penetapan dilakukan setelah tidak ada perselisihan gugatan hasil atau lain-lainnya.

“Agenda berikutnya mengajukan pelantikan untuk di usulkan ke Kemendagri,” tegas Fatkul Iksan.


Editor: Z. Arifin