oleh

PKB Raih 16 Kursi DPRD Sidoarjo, PPP 1 Kursi

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menetapkan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi kontestan paling unggul diantara partai lain, dalam pemilu 2019 kemarin. Hal itu diketahui dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU setempat, Senin (22/7/2019).

“PKB menjadi kontestan paling mumpuni, dan meraih kursi terbanyak di DPRD Sidoarjo,” kata Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak, Senin (22/7/2019).

Dijelaskannya, dalam periode 2019-2024 ini, PKB berhasil meraih 16 kursi, hampir di setiap Dapil. Mulai Dapil l sampai VI, PKB mendapat antara 2 sampai 3 kursi (calon terpilih).

Sementara itu, PDIP hanya meraih 9 kursi. Disusul kemudian partai Gerindra, yang mendapat 7 kursi. Sedangkan partai PAN dengan 5 kursi, Golkar 4 kursi, PKS 4 kursi serta Demokrat dan Nasdem masing-masing hanya 2 kursi.

“Terakhir partai PPP, yang hanya mendapatkan 1 kursi,” imbuhnya.

Ditambahkannya, paska penetapan perolehan suara, maka proses pemilu 2019 yang ada di Sidoarjo sudah dianggap berakhir. Bagi para calon terpilih, lanjut Iskak, dalam tiga hari kedepan, akan diusulkan langsung ke Gubernur Jawa Timur untuk segera dilantik.

“sesuai jadwal pelantikan, bisa di tanggal 21 Agustus 2019. Namun, itu kewenangannya ada pada Gubernur Jatim,” ungkapnya.

Disinggung soal sengketa antar caleg, dan partai yang belum lapor dana akhir kampanye. Dirinya mengutarakan, sengketa para caleg tidak mungkin terjadi. Karena, semua sudah selesai. Sedangkan untuk partai yang belum lapor dana akhir, dirinya mengatakan ada dua partai. Yakni, partai PBB dan partai PKPI.

“Semua berakhir. Para saksi dari partai, seluruhnya sudah tanda tangan,” pungkasnya.


Editor: Hafid