oleh

Polres Nganjuk Gelar Bhakti Religi di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis

SURABAYA (Jurnaljatim.com) – Dalam rangka hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019, Polres Nganjuk mengadakan Bhakti Religi di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis guna menjaga kerukunan antar umat beragama, di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Selasa (16/7/2019).

Pura Kerta Bhuwana adalah tempat Sembahyang umat Hindu dalam menjalankan ibadah, yang berada di kaki Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk, Jawa timur.

Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, dalam sambutanya, mengatakan, selain rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 73, juga sebagai kegiatan rutin yang digelar setiap tiga bulan sekali oleh anggota Polda Jatim yang beragama Hindu.

“Ini untuk memperingati Hari Bhayangkara ke 73, yang bersamaan dengan kegiatan umat Hindu Polda Jatim yang digelar triwulan dan berkenan digeser ke Nganjuk,” papar AKBP Dewa Nyoman, Selasa (16/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengungkapkan, alasan dipilihnya Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis sebagai lokasi acara, lantaran, pihaknya ingin memperkenalkan bahwa tempat tersebut merupakan bagian dari warisan leluhur, sisa-sisa peninggalan Kerajaan Kediri.

“Kita ingin memperkenalkan pura di Gunung Wilis, Nganjuk. Bahwa disini ada pura leluhur yang harus diwariskan,” jelasnya.

Sehingga dirinya berharap, masyarakat sekitar maupun umat hindu di Jawa Timur senantiasa menjaga dan merawatnya dengan baik.

Untuk diketahui acara Bhakti Religi dihadiri oleh seluruh anggota Polres Nganjuk, Umat Hindu Polda Jatim, Wartawan Pokja Jatim serta sejumlah tokoh masyarakat setempat dan para tokoh agama lain.


Editor: Azriel