oleh

Ziarah ke Pendiri Ngawi, Ketua DPRD: Lanjutkan Perjuangan

NGAWI (Jurnaljatim.com) – Puluhan pejabat Pemerintah Daerah dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Ngawi secara bersama-sama melakukan ziarah ke makam leluhur pendiri Ngawi. Ziarah itu memperingati hari jadi Ngawi yang ke 661 tahun 2019.

Ziarah makam diantaranya di makam RM. Tumenggung Poerwodiprodjo (Bupati Ngawi 1887-1902), makam R. Adipati Kertonegoro, makam Patih Pringgo Koesoemo, serta makam R. Patih Ronggolelono dan Putri Cempo, pada Selasa (2/7/2019).

Ziarah diawali dengan pembacaan doa yang selanjutnya tabur bunga di makam leluhur pendiri Ngawi. Sejumlah pejabat yang hadir, diantaranya, Ketua DPRD Dwi Rianto Jatmiko, SH, MSi, Ketua Pengadilan Negeri, Dandim Ngawi 0805, Kapolres Ngawi.

Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, mengatakan, ziarah makam leluhur tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi leluhur yang telah mengorbankan tenaga, pikiran dan nyawanya untuk kesejahteraan rakyat termasuk melawan penjajah Belanda kala itu.

“Ziarah makam yakni salah satu wujud menghargai para leluhur, agar tidak lupa dengan sejarah. Untuk itu, senantiasa bersama-sama berziarah ke makam para Auliya dan pendiri Kabupaten Ngawi, karena mengingatkan suatu saat kita juga akan menyusul,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai generasi penerus, harus bersama memperjuangkan membangun Kabupaten Ngawi yang saat ini telah berusia 661 tahun.

“Kita sebagai generasi penerusnya untuk bersama meneruskan perjuangan membangun Kabupaten Ngawi agar lebih sejahtera dan bermartabat,” Pungkasnya.


Editor: Azriel