oleh

Bangunan Pasar Baru Senilai Rp 14,5 M di Tulangan Sidoarjo, Resmi Dibuka

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Pasar baru Tulangan diatas lahan seluas 3.556 meter persegi, yang berada di wilayah desa Kepadangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, telah resmi dibuka oleh Bupati Saiful Ilah, Rabu (14/8/2019).

Bangunan dengan dua lantai tersebut, menelan biaya sekitar Rp 14,5 miliar. Hal itu sudah sesuai dengan struktur bangunan, yang tampak berdiri megah denga lokasi sangat strategis.

“Sebagai pasar tradisional, lokasinya strategis. Sehingga nantinya, dapat memajukan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Bupati usai meresmikan pasar.

Seperti diketahui, pembangunan pasar itu menggunakan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) dengan sistem BTO (Build Transfer Operate).

“Masa kerjasamanya 20 tahun, kemudian bangunan tersebut menjadi milik Pemkab Sidoarjo,” ungkapnya.

Menurut Bupati, pasar tradisional desa sangatlah berarti dalam menguatkan modal sosial. Sehingga mampu menyadarkan, dan memotivasi aktifitas perekonomian masyarakat di wilayah Tulangan.

“Mari kita jaga bersama, demi jalannya roda perekonomian masyarakat. Khususnya, masyarakat Tulangan,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Disperindag, Kabupaten Sidoarjo, Dana Riawati menyampaikan, pasar baru Tulangan itu memang dibangun dengan dua lantai. Untuk lantai dasar memiliki los sebanyak 160 unit, dan kios tertutup ada 102 unit. Selain itu, juga dipergunakan untuk sarana lingkungan dan ruang terbuka hijau. Sedangkan untuk lantai dua, memiliki kios sebanyak 117 unit.

“Total keseluruhan ada 379 unit. Kios dan los ini, sudah ada yang menempati. Baik pedagang lama, maupun yang baru,” jelasnya.


Editor: Hafid