oleh

Inovasi AKP Mukid, Polres Jombang Cegah Narkoba Lewat Musik

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Guna membangun kesadaran masyarakat agar peduli pada persoalan narkoba melalui kreativitas musik, diyakini betul masih bisa menjadi senjata yang ampuh oleh banyak kalangan. Musik, salah satu bentuk kreativitas yang digemari banyak orang, juga sangat efektif menjadi media penyampaian pesan moral termasuk ajakan untuk mencegah dan menjauhi narkoba.

Upaya pencegahan Narkoba melalui kreativitas musik tersebut, tengah dilakukan oleh AKP Mochamad Mukid SH, Kasat Reserse Narkoba Polres Jombang. Ia menilai, cara itu merupakan Inovasinya dalam mencegah peredaran barang haram di Kota Santri.

“Saat ini peredaran Narkoba sangat luar biasa dan telah merasuk ke segala penjuru. Awalnya mencoba-coba, selanjutnya ketagihan. Inovasi saya, salah satu upaya pencegahan Narkoba dengan kreativitas musik, dan itu cukup efektif,” kata AKP Moch Mukid kepada Jurnaljatim.com, Selasa (6/8/2019).

Menurut Mukid, musik dapat diterima oleh semua kalangan, terutama para generasi muda, khususnya mahasiswa. Sebab, dunia kampus sangat rentan dimasuki oleh barang haram Narkoba.

“Sebaliknya, saya berharap kepada Mahasiswa dan mahasiswi di Jombang ikut membantu mensosialisasikan pencegahan peredaran narkoba. Salah satunya dengan menyebarkan dan memutar lagu berjudul Bertaubat ciptaan saya,” terang Mukid.

Lagu itu, kata Mukid, tidak hanya sekedar diputar, melainkan untuk dihayati secara mendalam. Sebab, terdapat pesan-pesan moral tentang dampak dan bahaya Narkoba.

Mukid mengungkapkan, dirinya telah menggandakan lagu bertaubat dalam bentuk kaset DVD dan telah disebarkan ke beberapa mahasiswa dan mahasiswi, diantaranya kepada Mahasiswi Kampus Unwaha (Universitas Wahab Hasbullah), Tambakberas, Jombang. Lagu tersebut, juga dapat dilihat/diunduh di internet Youtube yang saat ini sudah viral.

“Agar para mahasiswa dan mahasiswi yang ada di Jombang bisa terhindar dari pengaruh bahaya narkoba dengan menghayati lirik-lirik dan video yang ada didalam lagu tersebut,” ujar Perwira Pertama Polres Jombang ini.

Baca Juga  Jelang Pilkada Sidoarjo, Polisi Himbau Masyarakat Bersatu

Mukid juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung inovasi tersebut. Sebab, tanpa dukungan dan peran serta seluruh masyarakat, pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap Narkoba tidak akan berhasil.

“Semua inovasi ini juga atas dukungan dan motivasi dari Bapak Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto,” pungkas pria yang gemar menciptakan lagu-lagu pop ini.


Editor: Hafid