oleh

Kapolres Tuban Diangkat Jadi Bapak Asuh Pelajar Papua

TUBAN (Jurnaljatim.com) – Pelajar putra-putri Papua yang tengah menuntut ilmu di Bumi Wali Tuban, memberikan kehormatan kepada AKBP Nanang Haryono Kapolres Tuban dan mengangkatnya menjadi bapak asuh. Kapolres pun merasa bangga dengan kehormatan tersebut.

Hal itu ditandai dengan penyematan mahkota adat Papua kepada Kapolres Tuban dan Wakapolres Tuban Kompol Teguh Priyowasono, yang dilakukan oleh para pelajar Papua di halaman Mapolres Tuban, Kamis, (22/8/2019).

“Kami tidak tahu atas pengangkatan sebagai bapak asuh dari meraka ini. Saya sangat senang dan menjunjung tinggi penghargaan ini, ”ungkap Kapolres Tuban.

Sampai saat ini, kata Kapolres, warga Papua yang ada di Tuban ada 11 orang, baik sebagai pelajar dan sudah bekerja. Terkait, adik-adik yang tengah belajar di Tuban sangat terlindungi dan aman karena pihak kepolisian menjamin keamanannya selama belajar di Tuban.

“Kami akan jamin keamanan buat putra putri Papua yang melaksanakan belajar di Tuban. Siapa pun yang berusaha mengusik mereka, maka pertama-tama akan berhadapan dengan saya dulu, Polri dan TNI Tuban, ”tegas Kapolres Tuban.

Kedepaan, Kapolres Tuban akan menggelar pertemuan rutin dan ngobrol pintar. Tujuannya agar silaturahmi itu semakin terjalin erat, dan jika ada kendala maka bisa dicarikan solusi bersama.

“Saat pertemuan nanti, kita akan membahas kesulitan-kesulitan meraka, keluhan meraka, dan lainnya. Sebisa kita bantu mereka selama belajar di Tuban, ”tegas AKBP Nanang.

Usai menyematkan tanda penghargaan, para pelajar asal Papua itu diajak mengikuti berbagai perlombaan, diantaranya voli melawan Polwan Tuban, makan kerupuk, dan balap karung di halaman belakang mapolres lokal. Kegiatan itu juga dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74.

Terlihat raut wajah mereka begitu bersemangat mengikuti kegiatan kemerdekaan tersebut. Mereka juga didampingi para guru dari masing-masing sekolahnya.

Baca Juga  Generasi Millenial Sidoarjo Deklarasi Dukung Capres 01

“Kami sangat bersyukur dan terlindungi oleh bapak polisi. Di Tuban, aman dan teman-teman juga baik ramah. Semoga Papua bisa maju, ”ungkap Yulita Maria, salah seorang pelajar asal Papua yang tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Tuban.


Editor: Z. Arifin