oleh

Karnaval Perdana Desa Cemengbakalan Sidoarjo di HUT RI ke-74

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Desa Cemengbakalan, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo untuk kali pertama menggelar karnaval parade budaya di desanya. Kegiatan itu untuk memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, tahun 2019.

Cukup meriah dan sangat diminati oleh masyarakat setempat. Kegiatan itu diikuti ratusan warga, mulai dari RT 01 hingga RT 24. Bahkan warga perumahan dan sekolah tingkat TK serta SD, turut berpartisipasi meramaikan kegiatan karnaval ini.

“Ini memang yang pertama, bagi desa kami. Tanpa diduga, antusiasme warga begitu besar,” ucap Kepala Desa Cemengbakalan, Samsul Huda, Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, kegiatan karnaval tersebut untuk mengingatkan semua kepada pendahulu atau pahlawan bangsa Indonesia. Yakni tekad dan bulat satu pilihan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kemerdekaan bangsa ini bukan suatu kebetulan, melainkan butuh perjuangan yang panjang,” jelasnya.

Untuk itu, kata Samsul, perjuangan kemerdekaan bangsa harus di aplikasikan atau diterapkan ke dalam generasi penerus dengan bentuk kegiatan karnaval budaya bangsa.

Hal itu, kata dia, sekaligus bentuk motivasi warga desa, dan mewujudkan suatu kesadaran gotong royong dalam membangun masyarakat berbangsa dan bernegara.

“Alhamdulillah mas, melalui swadaya warga sendiri kegiatan ini terlaksana dan berjalan lancar,” ungkapnya kepada Jurnaljatim.com

Dirinya juga menyampaikan, momentum itu bukan hanya sekedar memperingati hari kemerdekaan. Namun, yang paling penting adalah, membentuk kesadaran diri dan melestarikan budaya bangsa.

Dalam kegiatan karnaval tersebut, lanjut Samsul, dewan juri akan memberikan penilaian, mulai dari tingkat partisipasi, kreatifitas serta keunikan. Para pemenang, untuk juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan sebuah tropi dan uang pembinaan.

“Memang tidak seberapa. Akan tetapi, semua dapat merekatkan kembali rasa gotong royong dan solidaritas yang tinggi dari warga,” pungkasnya.

Baca Juga  Ditbinmas Polda Jatim Tasyakuran Kenaikan Pangkat Anggota

Editor: Hafid