oleh

Kelebihan Tonase, Truk Muatan Bawang Putih Terguling di Tol Waru

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Truk colt diesel muatan bawang putih terguling di KM 746.800/A Tol Waru arah Sidoarjo, Kamis (22/8/2019) jam 11.30 WIB siang. Beruntung, Moh Nasir (30), pengemudi truk, warga Jalan Masjid Jamik, Taman, RT 14 RW 06, Kedungturi, Sidoarjo, selamat dalam kecelakaan lalu lintas tersebut.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka namun kendaraan mengalami kerusakan parah di bagian depan dan muatan berserakan terlempar dari bak.,” kata AKP Bambang Sukmo Wibowo, Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim.

Awalnya, Truk Colt Diesel Nopol W 9345 G melaju dari arah Waru menuju Sidoarjo. Truk tersebut muatan bawang putih dan saat itu berjalan dengan kecepatan sekitar 60 km/jam di lajur kiri. Ketika tiba di KM 746.800/A, kendaraan truk mengalami patah Velg depan bagian kiri yang mengakibatkan ban meletus.

“Pengemudi truk tidak bisa mengendalikan laju kendaraan hingga akhirnya kendaraan terperosok ke parit dan terguling,” ujarnya.

Ia menambahkan, kecelakaan diduga terjadi karena kendaraan overloaded atau kelebihan Tonase, sehingga Velg bagian depan kiri patah dan akibatkan ban meletus. Saat terjadi kecelakaan arus lalu lintas ramai lancar dan cuaca cerah.

“Muatan yang berserakan, kemudian dilakukan pemindahan ke truk lain,” terangnya.

Dirinya juga berpesan, agar para pengguna jalan lalu lintas, untuk memastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi serta penumpang sebelum melakukan perjalanan. Keselamatan dalam berlalulintas merupakan tanggungjawab bersama.


Editor: Azriel