oleh

Kiai Kharismatik Mbah Maimun Zubair Wafat di Makkah

JURNALJATIM.COM– Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa tengah, KH. Maimoen Zubair atau Mbah Moen meninggal dunia. Kiai Kharismatik itu, wafat ketika sedang berada di Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

“Inna lillah wa innaa ilaihi raji’un. Kyai Maimoen Zubeir (Mbah Moen) wafat di Tanah Suci Makkah jam 8.17 WIB tadi. Beliau wafat di tempat yang dicintainya. Saya mendapat kabar langsung berita ini dari Pak Supri, salah seorang terdekat Mbah Moen. Jadi, Insyaallah ini bukan hoax,” kata Mahfud MD dalam postingan di akun twitter pribadinya @mohmahfudmd, Selasa (6/8/2019) pagi.

Kabar miennggalnya Kiai NU tersebut juga dibenarkan oleh KH. Abdul Muiz Aziz, pengasuh Ponpes Al-Aziziyyah Denanyar Jombang, Jawa timur. “Nggeh (Kapundut),” singkat Gus Muiz sapaan akrabnya kepada Jurnaljatim.com.

Maimeon Zubair atau Mbah Moen wafat di usia 90 tahun. Mbah Moen merupakan kiai kelahiran 28 Oktober 1928. Mbah Moen merupakan seorang alim, faqih sekaligus muharrik atau penggerak.

Selama ini Mbah Moen menjadi rujukan banyak ulama Indonesia dalam bidang fikih. Hal itu lantaran Kiai Maimun menguasai secara mendalam ilmu fikih dan ushul fiqh.


Editor: Azriel