oleh

Ribuan Penggemar Sepeda Kuno di Sidoarjo “Ngontel” Bareng 17 Kilometer

SIDOARJO, Jurnaljatim.com – Sekitar 5 ribu peserta penggemar sepeda kuno, turut ambil bagian dalam kegiatan “Ngontel” bareng yang digelar oleh Sepeda Pancal Club (SPC), di lapangan desa Jatikalang, Kecamatan, Prambon, Sidoarjo.

Para peserta menampilkan berbagai macam hiasan sepeda, dan mengenakan pakaian tentara jaman dulu. Mereka ngontel berkeliling sekitar wilayah Prambon, dengan jarak tempuh sekitar 17 Km.

“Kegiatan ini dalam rangka peringatan HUT RI ke-74, dan ulang tahun SPC yang pertama,” ucap Ketua Panitia Sumardiono, Minggu (4/8/2019).

Dirinya mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain adalah, untuk membudayakan olahraga ngontel (mengayuh sepeda non mesin) kepada masyarakat luas.

“Kami punya komunitas, yakni KOSTI yang sudah tersebar di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, mengungkapkan, kegiatan ngontel bareng itu banyak sisi positifnya. Disamping untuk terbiasa hidup sehat, juga bisa untuk menjaga dan melestarikan warisan dari nenek moyang.

“Saya minta, kegiatan ini menjadi agenda rutin tiap tahun,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Wabup juga menerima tongkat komando KOSTI oleh Ketua KOSTI Sidoarjo, untuk ditetapkan sebagai penasehat KOSTI Sidoarjo. Kemudian, dilanjutkan pengundian hadiah utama 1 unit motor, dan hadiah hiburan lainnya.


Editor: Azriel