oleh

Sapi Ekstrem Seberat 1,132 Kilogram Juara Kontes Ternak di Sidoarjo

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Sebanyak 131 hewan ternak mengikuti kontes yang digelar oleh Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Sidoarjo tahun 2019. Terdiri dari 57 ekor sapi dan 74 ekor kambing, yang terbagi dalam beberapa kategori. Kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang hari raya Idul Adha.

“Kontes tahun ini, tidak semeriah tahun lalu. Namun, tetap menghasilkan hewan ternak yang sehat dan berkualitas,” kata Sekretaris Dinas Pangan Sidoarjo Nur Azizah, Rabu(7/8/2019).

Meskipun tidak meriah, lanjut Azizah, tidak menyurutkan para kontestan. Dari hasil penilaian, dimenangkan oleh sapi jenis sapi ekstrem dengan berat 1,132 kilogram, milik Saiful Fuad peternak dari desa Jerukgamping, Kecamatan Krian, Sidoarjo.

“Kondisi sapi sehat, dan berkualitas unggul. Sehingga, dibanderol seharga Rp 100 juta,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Pemkab Sidoarjo juga melakukan Ubsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting). Sebagai salah satu kegiatan yang terintegrasi, dan ditetapkan dalam Permenpan no 48 tahun 2015.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap, kegiatan itu dapat memotivasi para peternak untuk terus meningkatkan dan memperbaiki mutu serta kualitas hasil ternaknya.

“Dengan peningkatan mutu dan kualitas, otomatis akan meningkatkan perekonomian peternaknya,” jelasnya.


Editor: Hafid