oleh

Selamat, 30 Anggota DPRD Kota Madiun Resmi Dilantik

MADIUN (Jurnaljatim.com) – Sebanyak 30 anggota DPRD Kota Madiun yang terpilih pada pemilu legislatif 2019 lalu, telah resmi dilantik, Sabtu (24/8/2019). Dewan terpilih tersebut, akan menjabat untuk periode 2019 -2024. Pengucapan sumpah/janji di gedung Paripurna DPRD Kota Madiun, Jalan Taman Praja No.99, Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun, Sabtu (24/8/2019).

Pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Madiun, I Wayan Gede Rumega.Para anggota DPRD yang dilantik untuk periode 2019-2024 didominasi wajah baru Ketua sementara DPRD dijabat Andi Raya Bagus Miko Saputra (PDIP) dan Wakil Ketua dijabat Istono (Demokrat).

Ketua sementara DPRD Kota Madiun, Andi Raya menyampaikan, selaku pimpinan sementara DPRD, pihaknya akan berkirim surat kepada masing-masing parpol untuk mengirimkan susunan fraksi sebagai wadah representasi dari partai.

“Selanjutnya, akan disusun tata tertib DPRD mengacu Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD ( UU MD3) dari pusat,” ujarnya.

Untuk Sementara, pihaknya akan menggunakan tatib tersebut sampai adanya perubahan dan akan ditetapkan jika sudah ada pimpinan DPRD definitif.

Untuk menyusun tatib DPRD, akan dibentuk panitia khusus (pansus) non kegiatan. Hal itu dilakukan untuk mengejar waktu, karena tahun ini juga akan dilakukan penetapan APBD murni.

“Pansus itu hanya untuk pembahasan supaya tidak terlalu melibatkan banyak orang biar nggak lama-lama nanti. Karena kita mengejar di tahun 2019 ini ada APBD murni,” ujarnya.

Walikota Madiun, Maidi, mengungkapkan, dengan dilantiknya anggota dewan, kedepan bersama-sama pihak eksekutif dapat membawa perubahan Kota Madiun kearah yang lebih baik. Walikota juga berharap, sinergitas antara eksekutif-legislatif lebih ditingkatkan, terutama dalam hal menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Madiun.

Baca Juga  Buka Bersama ILS dan Santunan Anak Yatim di Tulangan Sidoarjo

“Dengan dilantiknya dewan yang baru ini akan membawa pencerahan Kota Madiun khususnya kepada rakyat Kota Madiun agar bisa semakin makmur, adil dan sejahtera. Semakin ada pemikir-pemikir baru justru semakin cepat visi misi kita, bukan malah semakin lambat,” kata Walikota Maidi.

Hadir dalam pelantikan itu, Walikota Madiun Maidi, Wawali Inda Raya Ayu Miko Saputri, Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu, Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, Sekda Rusdiyanto, Ketua DPRD Kota Madiun Istono, serta para OPD Pemkot Madiun dan tamu undangan lainnya. (*)


Editor: Hafid