oleh

Ansor Jombang Dorong Anggota Dewan di Cek Urine Dan Tes Darah

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Selain dari Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN), wacana cek urine terhadap 50 anggota DPRD Kabupaten Jombang juga mendapat respon positif dari Ansor Jombang. Bahkan, pihak ansor juga menyarankan dilakukan cek darah.

Hal itu disampaikan ketua Gerakan Pemuda Ansor Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto kepada Jurnaljatim.com, Minggu (22/9/2019) sing.

Menurut dia, sebagai wakil rakyat yang duduk di kursi legislatif, harus bersih dari peredaran gelap Narkoba. Mengingat, saat ini barang haram tersebut cukup marak di kota santri dan menyasar semua golongan.

“(Tes urine) Sangat bagus sekali, karena para anggota dewan yang terhormat ini adalah wakil rakyat sehingga diharapkan dapat menjadi teladan sekaligus penyambung suara masyarakat guna merumuskan kebijakan, aturan atau program yang berpihak pada masyarakat sebagai pemilik kekuasaan sejati dalam wajah demokrasi,” terang ketua Ansor dua periode ini.

Jangan sampai, kata Zulfikar, pikirannya teracuni oleh Narkoba sehingga pemikiran maupun perilakunya tidak bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

“Ada baiknya juga tes darah karena selain Narkoba juga ternyata yang teridap virus HIV/ AIDS juga marak di Jombang,” ujarnya.

Dukungan dan dorongan cek urine terhadap para wakil rakyat tersebut, sebagai bentuk sikap tegas ikut memerangi peredaran Narkoba di Kota santri Jombang.

“Karena menjadi komitmen bersama (merangi Narkoba), maka siapa aja dan semua lapisan masyarakat termasuk stakeholder di dalamnya harus siap (di cek urine), termasuk kami juga siap,” tegas dia.

Sebelumnya, GANN Kabupaten Jombang meminta aparat penegak hukum untuk terus bekerja dan menindak tegas para pengedar Narkoba yang merusak generasi bangsa.

Tidak hanya itu, GANN juga mendorong Polres Jombang melakukan tes urine terhadap sejumlah instansi dan institusi di Kabupaten Jombang. Diantaranya, cek urine terhadap para anggota DPRD Jombang yang baru saja dilantik beberapa hari lalu.

Baca Juga  Bupati Nganjuk Himbau Waspada Penipuan Atasnama Dirinya

“Kami minta sekaligus mendorong pihak Polres Jombang untuk memfasilitasi tes urine terhadap 50 anggota DPRD Jombang yang dilantik kemarin,” kata Beny Hendro, Sekretaris GANN Kabupaten Jombang, Sabtu (31/8/2019) lalu.

Hal sama juga disampaikan ketua Dewan Penasehat GANN Jombang Tito Kadarisman. Tes urine terhadap wakil rakyat tersebut sangatlah penting. Hal itu, untuk membuktikan anggota legislatif bersih dari peredaran Narkoba.

“Harus dibuktikan kepada masyarakat, bahwa para anggota Dewan yang kita pilih itu bersih dari Narkoba,” ucapnya.

Menanggapi itu, Kasat Reserse Narkoba Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid SH mengungkapkan, pihaknya tidak bisa serta merta melakukan tes urine jika tidak ada permintaan dari lembaga terkait.

“Terkait tes urine untuk anggota dewan, harusnya dari instansi, dalam hal ini Badan Kehormatan DPRD mengajukan ke kami. Nanti kami yang datang ke mereka,” ujar AKP Moch Mukid, Sabtu (31/8/2019) lalu.


Editor: Hafid