oleh

Ditbinmas Polda Jatim Perkenalkan Aplikasi BOS

SURABAYA (Jurnaljatim.com) – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Jawa Timur memperkenalkan aplikasi Binmas Online System (BOS) dihadapan para Bhabinkamtibmas jajaran dan para operator di Hotel Utami.

Tujuannya, agar mereka bisa memahami dan mengoperasionalkan aplikasi ini. Sehingga mudah dalam hal pelaporan atas tugas yang diemban kepada pimpinan. Baik sebagai lini depan Polri, maupun sebagai Polmas atau Polisi Masyarakat (Community Policing).

“Sosialisasi BOS diperuntukkan kepada personel Bhabinkamtibmas jajaran dan para operator dimaksud, untuk database dan memudahkan dalam pelaporan selaku pengemban tugas Polmas,” ujar Dirbinmas Polda Jatim, Kombes Pol Iwan Setiyawan.

Selain itu, menurut Iwan, dengan penggunaan aplikasi ini, maka segala bentuk kegiatan yang dilaporkan kepada pimpinan akan terintegrasi dengan Korbinmas Baharkam Polri.

“Sehingga profesional personel Binmas dan kepercayaan masyarakat kepada Polri akan meningkat,” lanjutnya.

Dijelaskan Iwan, aplikasi yang disebutnya sebagai terobosan kreatif Korbinmas Baharkam Polri tersebut, terdiri dari tujuh fitur. Yakni, Aplikasi Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Pelaporan Binmas, Aplikasi Mobile Publik BOS, Aplikasi Sistem Informasi BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) Online, Aplikasi Sistem Informasi Satpam Online, Aplikasi Website Binmas, dan Aplikasi Dashboard.

“Dengan digunakannya aplikasi ini diharapkan petugas Bhabinkamtibmas maupun pengemban Polmas mampu mengoperasionalkan sistem BOS,” tutupnya.

Acara yang digelar kali ini, dihadiri sekitar 110 orang peserta, dengan tiga narasumber. Hadir pula Kasubdit Binkamsa Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol Sutrisno Dewo.
Disela acara juga digelar Video Conference (Vidcon) dengan Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Edi Setuo Budi Utomo.


Editor: Hafid