Kurang Konsentrasi, Toyota Rush Tabrak Truk Boks di Tol Sumo, 1 Tewas

SURABAYA (.com) – Gara-gara kurang konsentrasi saat mengemudikan kendaraanya, mobil Toyota Rush nopol AG 1877 SL menabrak truk boks B 9003 FVT yang sedang melaju di depannya. itu, mengakibatkan satu penumpang tewas di lokasi kejadian.

Kasat PJR ( Jalan Raya) Polda , AKBP Bambang Sukmo Wibowo, menjelaskan, kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di KM 726+200 Jalur A Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) pada Senin pagi (9/9/2019). Selain menelan korban jiwa, Toyota Rush rusak parah atau ringsek di bagian depan.

“Mobil Toyota Rush menabrak belakang truk boks yang dikemudikan Waluyo, (49), asal Tukluk Sumberrejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri,” kata AKBP Bambang.

Kejadian itu, kata Bambang, mengakibatkan seorang penumpang bernama Elisabeth, (68), warga Dharmahusada Indah Barat 9/316 RT 09 RW 05 Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya, meninggal di lokasi kejadian.

“Untuk sopir mobil truk boks dan sehat,” ucapnya.

Sementara pengemudi Toyota Rush beranama Timotius Pinarto, (71) Dharmahusada Indah Barat 9/316 RT 09 RW 05 Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya, mengalami luka di bagian kepala.

Menurut Bambang, berdasarkan keterangan saksi -saksi, kecelakaan maut bermula ketika kendaraan Toyota Rush melaju dari arah Jombang menuju Surabaya, menggunakan lajur Kiri (lambat) dengan kecepatan kurang lebih 140 km/jam.

Setiba di TKP KM 726+200 Jalur A, kendaraan hilang kendali namun berusaha melakukan pengereman. Karena jarak yang terlalu dekat, akhirnya menabrak bagian belakang kendaraan truck boks yang melaju di depannya.

“Kecelakaan di duga terjadi karena kondisi fisik pengemudi kendaraan Toyota Rush yang lelah dan mengatuk sehingga kurang konsentrasi dalam berkendara mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Bambang mengungkapkan, untuk korban luka, di bawa ke RS Gresik, sedangkan korban meninggal di bawa ke RSUD Mojokerto. Selanjutnya penanganan laka lantas diserahkan ke Satlantas Gresik.


Editor: Z. Arifin