oleh

Layanan Besuk Tahanan di Polresta Sidoarjo Berfasilitas AC

SIDOARJO, (Jurnaljatim.com) – Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), yang awalnya dikeluarkan secara manual. Kini, Satreskrim Polresta Sidoarjo telah membuat program SP2HP secara online, dan bisa diakses melalui internet. Sehingga lebih cepat, mudah, terukur dan transparan.

“Kita tinggalkan yang manual. Dengan sistem online ini, masyarakat bisa mudah untuk mengakses sejauh mana perkembangan perkara yang ditangani polisi,” ungkap kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Selasa (17/9/2019).

Inovasi layanan besuk tahanan juga dikeluarkan oleh Polresta Sidoarjo, namanya Jenguk Nyaman. Kapolresta mengatakan, pihaknya memberikan fasilitas yang serba nyaman. Seperti, ruang tunggu ber-AC, tempat menyusui dan bermain anak serta loker penyimpanan.

Selain itu juga ada, ruang untuk merokok, charger box, mesin Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta berbagai fasilitas lainnya yang mendukung kenyamanan bagi keluarga pembesuk tahanan.

“Kami juga menyediakan secara khusus, bagi keluarga penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, lanjut Kapolresta, pihaknya juga melihat faktor keamanan antara pembesuk dengan tahanan. Yakni, dengan adanya kaca penyekat, yang hanya bisa berkomunikasi tanpa bersentuhan.

Hal tersebut, hanya untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam sel tahanan. Seperti narkoba, senjata tajam, korek api, rokok dan handphone serta lainnya.

“Semua fasilitas ini sebagai bentuk memanusiakan pembesuk dan tahanan, serta wujud empati atas musibah yang dialaminya,” terangnya.

Manfaat dan fasilitas yang disediakan Polresta Sidoarjo ini, telah mendapat respon positif dari masyarakat. Sehingga, kesan negatif masyarakat terhadap polisi hilang dengan sendirinya.

“Fasilitasnya sekarang lebih nyaman. Selain itu, juga tersedia mesin kepuasan masyarakat,” kata Andri Tri Wibowo (49), saat membesuk saudaranya di tahanan.


Editor: Hafid