oleh

Malam 1 Sura, Polres Jombang Lakukan Penyekatan di Perbatasan

JOMBANG, (Jurnaljatim.com) – Polisi Resort (Polres) Jombang melakukan penyekatan Cipta Kondisi antisipasi perayaan kegiatan suran agung di malam satu suro yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2019 besok. Kegiatan penyekatan melibatkan puluhan personel gabungan dari berbagai satuan fungsi di Polres Jombang, Minggu (31/10/2019) malam.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Kusen Hidayat. Turut mengikuti giat tersebut, Kasat Resnarkoba AKP Mochamad Mukid, KBO Resnarkoba Iptu Pranan, KBO Satlantas Iptu Totok Joko Suparno, KBO Sat Binmas Ipda Zainal serta Kapolsek Bandar Kedungmulyo, AKP Darmaji.

Sebelum operasi dilakukan, sekitar jam 20.30 WIB, para personel melakukan apel bersama di halaman depan Mapolres. Setelah itu, para personel yang membawa lima unit kendaraan bergerak menuju ke wilayah barat perbatasan Jombang – Nganjuk.

Kabag Ops Kompol Kusen mengungkapkan, operasi penyekatan tersebut dilakukan di titik perbatasan antara Jombang-Nganjuk, tepatnya di depan Mapolsek Bandar Kedungmulyo.

Giat itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi terjadinya kejahatan jalanan. Selain itu, menjelang tanggal 1 Muharram 1441 Hijriah adanya arak-arakan mengikuti kegiatan Suran Agung PSHT Winongo ke Madiun.

“Penyekatan ini kita lakukan untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan di jalanan dan perayaan malan pergantihan tahun baru 1441 hijriah,” ungkap Kompol Kusen kepada Jurnaljatim.com di sela giat.

Kasat Resnarkoba AKP Moch Mukid menambahkan, penyekatan itu dilakukan agar dalam perayaan satu suro dalam tradisi jawa dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Agar wilayah Jombang kondusif, warga bisa memperingati malam satu suro dengan lancar dan aman tanpa adanya gangguan Kamtibmas,” ujar Mukid.

Selama giat, kata Mukid, tidak ditemukan adanya suatu hal yang mencurigakan. Situasi disekitar juga cukup kondusif dan tidak ada gangguan sama sekali.

Baca Juga  Satpol PP Hentikan Proyek Pemasangan Pipa Gas

“Hingga akhir giat malam ini, situasinya aman dan kondusif. Kami tetap siaga untuk mengantisiapsi kejadian yang tidak diinginkan,” tandas Mukid.


Editor: Hafid