oleh

Panglima TNI Tabur Bunga di Makam Gus Dur Tebuireng Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Usai melakukan ziarah ke makam Bung Karno, Presiden RI pertama di Blitar, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke makam KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Kompleks Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa timur, Rabu (18/9/2019) sore.

Panglima TNI berziarah didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dan sejumlah pejabat TNI. Di antaranya Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Wagub Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI, R Wisnoe Prasetja Boedi, serta beberapa perwira tinggi TNI.

“Ini adalah sebuah tradisi yang sangat baik untuk mengingatkan bagi generasi milenial untuk mengerti dan memahami perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan,” ujar Panglima saat berada di makam Bung Karno Blitar.

Kedatangan Panglima di Pesantren Tebuireng sekitar jam 15.30 WIB, disambut oleh sejumlah pejabat TNI dan Polri di Jombang, diantaranya Dandim 0814 Letkol Inf. Triyono, Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, serta para pengurus Pondok, KH Abdul Hakim Mahfud, KH Fahmi Hadzik dan KH Kiai Rizal Yusuf.

Sebelum menuju ke makam, dilakukan upacara penghormatan kepada arwah para Pahlawan. Setelah itu, panglima bersama rombongan menuju areal makam.

Di areal makam tersebut, selain terdapat pusara Gus Dur, juga terdapat pusara pahlawan nasional yang juga pendiri NU, Hadratussyekh KH Hasyim Asyari yang juga kakek Gus Dur dan makam ayahnya KH Wahid Hasyim.

Panglima kemudian meletakan karangan bunga dan tabur bunga di pusara Gus Dur, KH Hasyim Asyari dan KH Wahid Hasyim. Setelah itu, dilakukan doa bersama diatas pusara untuk mendoakan para pahlawan yang telah wafat.

Baca Juga  374 Napi di Jombang Terima Remisi, 13 Langsung Bebas

Usai dari areal makam, Panglima TNI didampingi para petinggi TNI langsung berpamitan kepada para tuan rumah, dan bergegas meninggalkan lokasi, tanpa memberikan keterangan kepada para wartawan yang berada di lokasi.

Berdasarkan informasi yang didapat, usai berziarah ke makam Gus Dur, panglima akan berziarah ke makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun Yogjakarta. Kemudian kegiatan ziarah diakhiri dengan ziarah ke makam Jenderal Besar Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Jogjakarta. Ziarah tersebut merupakan rangkaian dalam peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia yang ke 74. (Bud/Ler)


Editor: Z. Arifin