oleh

Pawai Budaya Desa Grabagan Sidoarjo, Warga Tampilkan Pakaian Adat

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia, tak lepas dari nilai budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, tentunya, wajib melestarikan dan menjaganya.

Hal itulah yang disampaikan oleh Kepala Desa Grabagan Kecamatan Tulangan, Purnomo, dalam kegiatan pawai budaya yang menjadi puncak peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019, di lapangan desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (8/9/2019).

“Kami tampilkan adat dan budaya, ini hasil dari kreatifitas warga desa sendiri,” ucapnya kepada Jurnaljatim.com

Menurut Purnomo, perkembangan budaya saat ini, mulai tergilas oleh perkembangan teknologi. Sehingga, mempengaruhi pola pikir dan tindakan orang di dalam kehidupan.

Melalui pawai budaya tersebut, kata Purnomo, seluruh warga desa diajak untuk tetap melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia. Hal tersebut, akan menjadi modal dasar dalam mewujudkan desa yang mandiri dan sejahtera.

“Dengan semangat kebersamaan, insha Allah desa Grabagan akan menjadi ikon di wilayah Kecamatan Tulangan,” ungkapnya.

Seperti yang terlihat, dalam pawai budaya itu, seluruh warga desa Grabagan antusias untuk menampilkan berbagai macam busana adat dan budaya, khususnya budaya Jawa.

“Apa yang menjadi program desa, selalu kami dukung. Seperti program BPJS Ketenagakerjaan, yang menjadi contoh program desa lainnya,” terang Sigit warga setempat.


Editor: Hafid