oleh

Petugas Gabungan Mendadak Geledah Lapas Kelas II B Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa timur mengadakan kegiatan sidak (Inspeksi Mendadak) satgas keamanan dan ketertiban Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jombang, Rabu (4/9/2019) malam.

Sidak dari Kanwil Kemenkum HAM Wilayah Jatim tersebut dilakukan bersama tim BNNK Mojokerto dan anggota Polres Jombang, serta unit Teknis korwil Bojonegoro.

Pantauan Jurnaljatim.com, usai melakukan apel bersama di halaman Lapas, ratusan petugas langsung masuk kedalam dan menggeledah sejumlah kamar. Selain itu, para Napi dan tahanan tak luput dari pemeriksaan petugas.

Saifur Rahman Kabid Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi devisi pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jatim menuturkan, Sidak tersebut merupaka agenda rutin yang dilakukan di Lapas dan Rutan yang ada di Jatim.

“Sudah ke-8 kalinya dilaksanakan di Jombang. Kegiatan Ini merupakan target dari devisi pemasyarakatan lapas dan rutan seluruh Jawa timur. Target ini, suka tidak sudah harus dilaksnakan,” kata Saifur Rahman kepada sejumlah wartawan usai melakukan Sidak.

FOTO: Petugas memeriksa kamar Napi di Lapas Jombang. (Zainul Arifin)

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan ‘bersih-bersih’ di Lapas tersebut, tidak ditemukan barang atau benda terlarang yang ada di dalam Lapas. Selain itu, kata dia, tidak ditemukan adanya peredaran gelap Narkoba.

“Kami juga melakukan tes urine pada warga binaan melalui sistim acak yang saya ambil dari warga binaan dan satupun tidal ada yang positif, semuanya negatif,” ujarnya didampingi Kepala Lapas Jombang Wahid Wibowo dan Kepala BNNK Mojokerto AKBP Suharsi serta KBO Resnarkoba Polres Jombang Iptu Pranan.

Terpisah, Kalapas Jombang Wachid Wibowo mengatakan, kegiatan itu tidak ada perencanaan sama sekali alias mendadak dari Kanwil Kemenkum HAM Kanwil Jatim.

“Petugasnya gabungan ada sekitar 160 personel. Dan alhamdulillah tidak ditemukan barang terlarang maupun Narkoba di dalam Lapas,” ujar Wachid Wibowo kepada Jurnaljatim.com

FOTO: Petugas menunjukkan hasil tes urine warga binaan Lapas kelas IIB Jombang. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Dengan tidak ditemukan barang terlarang di dalam Lapas, lanjut Wachid, membuktikan bahwa Lapas Kelas IIB Jombang bersih dari peredaran gelap Narkoba.

“Kami tetap akan memperketat pwngawasan disini, jangan sampai ada Narkoba maupun barang terlarang masuk ke Lapas,” pungkasnya.


Editor: Hafid