oleh

Promosi Wisata, Siraman Air Terjun Sedudo Nganjuk Dihadiri 7 Negara

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Ribuan pengunjung memadati area air terjun Sedudo yang berlokasi Di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Pengunjung yang datang dari berbagai daerah tersebut ingin melihat secara langsung Siraman Sedudo yang dilaksanakan setiap tahun oleh Penyelenggaranya Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olah raga dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Nganjuk.

Untuk diketahui, kegiatan itu merupakan rutinitas yang dilakukan setiap tahun di bulan syuro atau bulan Muharam. Kali ini, pelaksanaanya bertepatan pada hari Sabtu (14/9/2019).

Prosesi Siraman Sedudo di Kabupaten Nganjuk untuk tahun ini, penampilan tradisi budaya dikenalkan ke mancanegara. Sebanyak perwakilan dari 7 negara juga turut hadir sebagai tamu undangan yaitu dari Thailand, Madagaskar, Timor Leste, Taiwan, Pakistan, Afrika, Spanyol.

Selain itu untuk mempromosikan wisata Air terjun Sedudo dari Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur juga mengundang Komunitas Expatriat, potensial buyer Biro Perjalanan Wisata, dan Content Creator Media Digital.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olah raga dan Kebudayaan Daerah, Kabupaten Nganjuk, Supiyanto menyampaikan agenda siraman air terjun di Sedudo merupakan prosesi turun temurun yang perlu dilestarikan dan jangan sampai punah.

“Kami upayakan prosesi siraman sedudo tetap di lestarikan dan juga di promosikan ke luar daerah bahkan ke manca negara supaya mereka tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun yang menjadi andalan Kabupaten Nganjuk,”terang Supiyanto.

Terkait pengunjung, menurut Supiyanto, tahun 2019 ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, karena juga dibantu dari 27 lembaga penyiaran dari 27 Kabupaten kota di Indonesia.

“Dari 350 undangan yang dibuat ternyata yang hadir mencapai seribu lebih,”tutur Supiyanto.

Sementara Bupati Novi Rahman Hidayat berharap prosesi siraman yang menjadi andalan wisata kota Anjuk Ladang di tahun-tahun mendatang bisa menjadi daya tarik wisatan untuk berkunjung di Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga  Bupati Nganjuk Himbau Waspada Penipuan Atasnama Dirinya

“Tahun ini kita mengundang wisatawan dari mancanegara dengan harapan saat mereka pulang ke negara masing-masing bisa mempromosikan untuk datang ke Kabupaten Nganjuk.”harap Novi Rahman Hidayat.

Kedepan, kata dia, prosesi siraman akan dikemas lebih menarik lagi dan bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. “Pemerintah daerah terus berupaya untuk selalu berbenah terkait agenda tahunan yang menjadi tradisi masyarakat,” tandas orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk ini.

Dalam kegiatan prosesi siraman tahun, di hadiri Bupati Novi Rahman Hidayat, Wakil Bupati Marhaen Djumadi, Kapolres Nganjuk, Dandim 0810 Nganjuk, Ketua DPRD, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Forkopimda, Camat Se kabupaten Nganjuk serta tamu undangan dari mancanegara serta dari Kabupaten Kota lainnya.