oleh

Aksi Positif Railfans, Cuci Lokomotif Kereta di Hari Sumpah Pemuda 2019

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2019 ke 91 tahun setiap tanggal 28 Oktober, puluhan railfans atau pecinta kereta api mencuci lokomotif secara bersama-sama. Aksi sosial para railfans tersebut dilakukan sebagai wujud cinta terhadap kereta api.

Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun di tengah-tengah kegiatan cuci lokomotif menjelaskan, kegiatan positif itu dilakukan di Dipo Lokomotif Kertosono Kabupaten Nganjuk, dengan melibatkan 30 anggota RDP perwakilan dari Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar, pada Sabtu (27/10/2019).

Puluhan pecinta kereta yang tergabung dalam Railfans Daop Pitoe (RDP) bahu membahu mencuci dan membersihkan satu lokomotif dengan nomor CC 201 77 03. Lokomotif itu merupakan cadangan yang siap operasi dikala ada salah satu KA mengalami gangguan.

“Teman-teman RDP antusias menyambut hari sumpah pemuda dengan melakukan kegiatan positif yaitu cuci lokomotif. Hal tersebut menumbuhkan makna kebersamaan dimana ada semangat gotong royong,”kata Ixfan kepada Jurnaljatim.com.

FOTO: Cuci Lokomotif Kereta Api. (Istimewa)

Selain cuci kereta dan lokomotif, kata Ixfan, RDP juga melakukan kegiatan positif lain yaitu melakukan sosialisasi keselamatan di pintu-pintu perlintasan secara langsung ataupun melalui media sosial, dan ikut juga dalam kegiatan Posko Angkutan Lebaran serta Angkutan Natal dan Tahun Baru.

“Kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi antara KAI Daop 7 dengan rekan-rekan pecinta KA yang tergabung dalam RDP,” ujarnya.

Para anggota railfans sendiri terdiri rata-rata berusia mudan dan dari berbagai profesi mulai dari pelajar, mahasiswa, pelayan hingga pengangguran. Kata Ixfan, mereka melakukan kegiatan positif secara sosial, dalam artian sukarelawan.

“Mereka sebagai milenial bisa menjadi duta kereta api untuk menyampaikan atau mensosialisasikan keselamatan kereta api minimal dilingkungan sekolah atau di organisasi lainya,” pungkas pria yang pernah bertugas sebagai Manager Humas PT KAI Daop 5 ini.


Editor: Hafid