oleh

Balita Penderita Penonjolan Usus Dioperasi Usia 4 Tahun

SIDOARJO, (Jurnaljatim.com) – Bocah berusia 3 tahun dari keluarga tidak mampu bernama Achmad Rizal Kurdianto (3) menderita penyakit Omvalokel atau penonjolan usus. Balita tersebut, saat ini masih menunggu usia 4 tahun baru dilakukan operasi penyakitnya.

Putra kedua dari pasangan Ahmad Kurdi (45) dengan Eni (35) warga desa Kedensari RT 12/05, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo menderita penyakit tersebut bawahan sejak dari lahir.

Balita tersebut sudah pernah dirawat di rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya. Karena anatomi tubuh balita yang belum memungkinkan, jadwal operasi menunggu hingga usianya 4 tahun.

“Terkait penyakit yang diderita balita ini, secepatnya kami berkoordinasi dengan pihak RSUD. Pemkab juga, akan memberikan bantuan pengobatan,” kata Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat menyerahkan bantuan sosial kepada fakir miskin di Pendopo Kecamatan Candi, Sidoarjo, Kamis (24/10/2019).

Terpisah, Pj Kepala Desa Kedensari Suyono menyampaikan, kedua orang tua dari balita tersebut memang warga desa Kedensari. Pihak desa dan Kecamatan sudah berupaya penuh, untuk memfasilitasi pelunasan BPJS yang menunggak sekitar Rp 6 juta.

“Siapapun yang melihat kondisi Rizal, pasti iba. Apalagi, dari keluarga yang benar-benar tidak mampu,” terangnya kepada Jurnaljatim.com.


Editor: Hafid