oleh

DPRD Jombang Tunggu Seluruh OPD di Cek Urine

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Dukungan pemberantasan Narkoba di Jombang dari Anggota DPRD setempat tampaknya masih setengah hati. Para anggota legislatif baru akan menjalankan kegiatan cek urine setelah seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkab Jombang selesai di tes urine.

“Kita akan melaksanakan cek urine setelah seluruh Dinas di tes urine,” kata Ketua DPRD Jombang Mas’ud Zuremi ditemui wartawan beberapa hari lalu di kantor DPRD setempat.

Padahal, politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu sebelumnya menyampaikan akan melakukan urine terhadap 50 anggota dewan setelah agenda rapat dengan Banmus (Badan Musyawarah).

Mas’ud Zuremi menyebut, alasan menunggu seluruh OPD di cek urine karena saat ini jadwal anggota dewan padat. Sehingga, belum memungkinkan dilakukan pengecekan urine.

“Beberapa kali saya sampaikan dan saya tegaskan, tetap mendukung penuh pemberantasan Narkoba,” ucap dia.

Menanggapi itu, Sekretaris GANN (Generasi Anti Narkotika Nasional) Jombang, Beny Hendro, menyampaikan, komitmen dan dukungan pemberantasan Narkoba dari para wakil rakyat masih setengah hati.

“Itu membuktikan tidak serius mendukung pemberantasan Narkoba. Dengab molornya kegiatan cek urine, mengindikasikan ada sesuai didalam gedung wakil rakyat,” kata Beny, Selasa (29/10/2019).

Harusnya, kata Beny, Wakil rakyat memberikan contoh yang baik dan sewaktu-waktu siap dilakukan cek urine dan tidak perlu menunggu Dinas-dinas selesai cek urine. Hal itu untuk menghilangkan stigma bahwa DPR itu bebas dari peredaran gelap Narkotika.

“Bayangkan saja, bila harus menunggu seluruh dinas selesai cek urine, bisa berbulan-bulan. Karena cek urine dinas juga tidak setiap hari, dan itu tergantung dari pengajuan permohonan cek urine dari dinas,” katanya.

Menurut Beny, alasan Ketua Dewan sangat tidak masuk akal. Bila serius mendukung pemberantasan Narkoba, sangat mudah mengumpulkan dewan dan pasti ada waktu disaat semua legislatif berada di kantor.

“Yang saya ketahui, cek urine itu waktunya kan tidak lama dan hasilnya bisa langsung diketahui. Kami menyayangkan dengan yang disampaikan oleh Pak Ketua Dewan,’ kata Beny.

Ketua GP Ansor Jombang, H. Zulfikar Damam Ikhwanto, menambahkan, seharusnya dewan untuk segera melaksanakan res urine dan tidak perlu untuk menunggu lainnya, terlebih selesai tes urine OPD. Hal itu untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa para wakil rakyat bersih dari Narkoba.

“Kami berharap untuk segera melakukan cek urine, untuk membuktikan kepada masyarakat jika benar-benar bersih dari Narkoba,” singkat Ketua GP Ansor Jombang dua periode ini kepada Jurnaljatim.com.


Editor: Hafid