oleh

Jelang Pelantikan Presiden, Puluhan Personel Gabungan Disebar di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Ratusan petugas gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol Pamong Praja Jombang disebar ke sejumlah titik rawan terjadinya gangguan Kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat), Sabtu (12/10/2019) malam.

Patroli gabungan skala besar dilakukan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas jelang pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Makruf Amin yang dijadwalkan pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Usai melakukan apel bersama di halaman depan Mapolres, Jalan Wakhid Hasyim, Jombang, petugas langsung bergerak menuju ke sejumlah wilayah yang telah ditentukan, yakni ke wilayah Ngoro, Jogoroto, Ploso dan Jombang kota.

Kabagops Polres Jombang, Kompol Syamsul Mu’arif menyampaikan, patroli skala besar melibatkan berbagai satuan fungsi Polres Jombang serta unsur TNI, Dishub dan Satpol PP. Jumlah anggota yang sebanyak 70 personel.

“Patroli serentak juga dilakukan Polsek jajaran di wilayah masing-masing,” kata Kompol Syamsul Mu’arif usai apel bersama.

Selain jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, patroli skala besar dalam rangka Cipta kondisi (Cipkon) Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak yang dijadwalkan pada 4 November 2019.

“Sasarannya adalah Curat, Curas, Curanmor, serta antisipasi peredaran Miras dan Narkoba,” tandasnya.

Syamsul Mu’arif menambahkan, kegiatan serupa akan terus dilakukan hingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Tujuan giat tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Kami meminta kepada masyarakat mulai RT, RW, Dusun, dan Desa untuk meningkatkan kewaspadaan. Apabila ada hal-hal yang mencurigakan, untuk dilaporkan ke petugas,” tandasnya.

Kepala Satuan Reserse Narkoba, AKP Mochamad Mukid, mengungkapkan, selama kegiatan patroli berlangsung, semua berjalan aman dan kondusif. Sejumlah kegiatan masyarakat, diantaranya hiburan di Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto dan Musyawarah Desa Jatigedong, Kecamatan Ploso, serta kegiatan hiburan di Ngoro berlangsung lancar.

“Dari giat patroli skala besar yang dilakukan mulai jam 20.30 hingga 00.00 WIB, berjalan aman, lancar, dan kondusif,” kata Kasat Resnarkoba AKP Mukid yang turut mengikuti patroli bersama Kabagren Kompol Sutono.


Editor: Hafid