oleh

Jelang Pilkades Serentak, FKDM Jombang Harus Deteksi Situasi di Desa

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa dan Kelurahan se Jombang diharapkan dapat tanggap dalam mendeteksi sedini mungkin situasi dan kondisi di desanya. Dengan begitu, akan tercipta Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Hal itu disampaikan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab dalam pembekalan Deteksi dini, Cegah Dini dan Lapor Cepat, FKDM di Balai Desa Sengon, Kecamatan Jombang, Senin (14/10/2019). Kegiatan itu diikuti 6 Kecamatan yakni Diwek, Jombang, Bandarkedungmulyo, Perak, Jogoroto dan Peterongan.

Hadir Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, Dandim 0814 Jombang Letkol Inf Triyono, Kasat intelkam Jombang dan Kepala Bakesbangpol Jombang Fakhruddin Widodo.

Mundjidah mengatakan FKDM adalah Mitra pemerintah daerah untuk bisa deteksi situasi di desa masing-masing.
Bergandeng dan bersatu dengan Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa.

“Pada hakekatnya kita saudara untuk ayem tentrem ibadah tenang situasi apapun harus rukun,” terang Bupati.

Menjelang Pilkades Serentak 4 November 2019, masyarakat tetap guyub dan rukun. Saling menjaga kebersamaan dan menghormati segala perbedaan. Pilkades, kata Bupati, harus berjalan dengan laancar dan kondusif seperti pada pesta demokrasi sebelumnya, yakni Pilpres dan Pilihan Legislatif.

“Pemilu Legislatif, Pilpres kondusif. Bulan Nopember tanggal 4 Jombang Pilkades serentak 2019 diikuti 287 desa untuk Banjardowo di pending menjadi 286,” tandas Mundjidah

Bupati meminta, FKDM harus menciptakan kondisi desa yang aman dan tenteram, kalau desanya aman tentram, Kabupaten Jombang juga aman dan tentram.

“FKDM harus mampu deteksi Radikal koordinasi dengan 3 Pilar mewaspadai pendatang dan kerjasama yang baik dengan semua elemen masyarakat di desa,” tandas Bupati Jombang.

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan menghimbau Masyarakat Jombang harus guyub mempunyai visi dan komitmen yang sama untuk menciptakan Kamtibmas kondusif.

Baca Juga  Wanita Berdaster Tabrakkan Diri ke Kereta

“Mohon dukungan seluruh elemen masyarakat Jombang supaya kondusif dan tujuan Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing terwujud,” kata Boby.


Editor: Azriel