oleh

Penjabat Kades Harus Sukseskan Pilkada Sidoarjo 2020

SIDOARJO, (Jurnaljatim.com) – Sebanyak tiga kepala desa, yang ada di wilayah Kecamatan Prambon, Sidoarjo, sudah habis masa jabatannya. Guna mengisi jabatan tersebut, Camat Prambon Ainun Amalia telah menentukan dan melantik Penjabat (Pj) kepala desa yang baru.

Dikatakannya, ketiga Pj kepala desa yang baru ini diantaranya, Sudirman sebagai Pj kepala desa Pejangkungan, Hambya selaku Pj Simogirang dan Laurensius Agus Budiono sebagai Pj kepala desa Wirobiting.

“Saya harap, ketiganya bisa melaksanakan tugas sesuai dengan koridornya,” tutur Ainun kepada Jurnaljatim.com, Senin (30/9/2019).

Ainun menjelaskan, sebelum ketiganya dilantik, pihaknya sudah berkoordinasi dan mengundang pemerintahan desa terkait. Termasuk dengan para Pj dan Plt, serta Sekdes dan BPD. 

“Kami ajak bicara bersama. Termasuk rencana, untuk mengundang Bupati Sidoarjo,” paparnya.

Terkait anggaran, kata Ainun, pihaknya menyerahkan seluruhnya kepada pemerintahan desa. Mereka juga menghitung sendiri, total keseluruhan anggaran dan sudah merencanakan melalui anggaran APBDes.

Menurut Ainun, Tugas dan fungsi serta kewenangan seorang Pj (penjabat) kepala desa, pada hakekatnya sama dengan kepala desa definitif. Namun,tugas Pj kali ini agak berat. Yakni, turut mensukseskan Pilkades mendatang.

“Selain tugas pemerintahan, Pj kali ini juga harus bisa mensukseskan Pilkades mendatang,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang hadir menyampaikan, Penjabat yang sudah dilantik jangan sampai membuat permasalahan di pemerintahan desa. Apalagi, tahun ini adalah tahun politik.

Bupati juga berharap, permudah dalam setiap urusan dan permintaan surat warga. Karena, hal tersebut sama halnya mendukung program Pemkab. Sehingga, penghargaan yang telah diraih Pemkab Sidoarjo bisa dipertahankan.

“Sekarang ini jamannya reformasi birokrasi. Jadi, kita ini melayani dan bukan dilayani,” ungkap Bupati dua periode.


Editor: Hafid