oleh

Pria Sidoarjo Congkel Kotak Amal Musala Untuk Bayar Angsuran Mobil

SIDOARJO, Jurnaljatim.com – Pencuri kotak amal di sebuah Musala sekitar desa Bulu, Kecamatan Sidokare, Sidoarjo, bernama Harianto (31) warga RT 13/4 desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Sidoarjo yang diburu warga berhasil ditangkap.

Menurut informasi, pelaku sempat melarikan diri dengan mengendarai mobil Honda Brio merah nopol N 1439 WO setelah berusaha mencongkel sebuah kotak amal di Musala Baitul Rokhim desa setempat.

“Pria ini pura-pura Salat. Melihat kondisi sepi, ia melakukan aksinya mencongkel kotak amal,” kata Soleh Ketua RT desa Bulu Sidokare, Kamis (10/10/2019).

Namun, saat melakukan aksinya, ia kepergok takmir musala dan dengan spontan diteriaki maling. Teriakan itu didengar oleh warga, dan para pengendara ojol (ojek online) yang biasa mangkal di sekitar lokasi kejadian.

“Akhirnya, mereka beramai-ramai mengejar si pelaku tersebut,” terangnya.

Mengetahui di kejar warga, lanjut Soleh, pelaku langsung tancap gas kabur. Pelaku sempat menabrak beberapa kali para pengguna jalan lainnya. Kemudian, mobil pelaku berhenti di sisi kiri flyover Buduran arah ke Surabaya. Namun, pelaku melarikan diri dengan melompat ke bawah sampai tertangkap warga di depan SMAN 1 Buduran.

“Ada petugas datang, dan langsung mengamankan pelaku. Sehingga, terhindar dari amuk massa,” pungkasnya.

Kapolsek Sidoarjo Kota, Kompol Supiyan, menambahkan, petugas yang dilapangan juga sempat ikut mengejar pelaku. Saat di kejar, pelaku sempat masuk mall dan menabrak pintu masuk, hingga mobil yang dikendarainya berhenti di atas jembatan flyover, lalu pelaku melompat ke bawah jembatan.

“Waktu itu, mobil pelaku mogok karena kampas koplingnya bermasalah,” terangnya.

Dihadapan petugas, bapak satu anak itu mengaku telah melakukan aksi kejahatannya sebanyak tiga kali. Yakni, di daerah Sugihwaras, Gading Fajar dan Bulu Sidokare.

“Uang dari hasil mencuri, oleh tersangka digunakan untuk membayar angsuran mobil,” imbuhnya.


Editor: Hafid