oleh

Sejumlah Proyek di Bareng- Wonosalam Disidak Bupati Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab minta sejumlah proyek pembangunan di Kecamatan Bareng dan Wonosalam dapat rampung (Selesai) sesuai waktu bulan Desember 2019 mendatang.

Proyek itu diantaranya, pembangunan rumah tidak layak huni, MCK Individual, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Pembangunan Sumur Bor, serta Peningkatan Jalan Penggaron- Wonosalam dengan Konstruksi Rigid dan Hot Mix serta Pembangunan Sumur Bor di Dusun Pakel, Kecamatan Bareng.

Saat melakukan sidak proyek pelebaran jalan di Desa Tukum, Kecamatan Wonosalam, Mundjidah mengatakan program perluasan jalan itu sudah dimulai di tahun 2019 yang sebelumnya hanya program perbaikan jalan di Wonosalam.

Kata Bupati, pelebaran jalan mulai Desa Ngrimbi kecamatan Bareng sampai Desa Tukum Kecamatan Wonosalam panjangnya sekitar 9 km dimulai sejak tahun 2019. Proyek itu dibangun menggunakan cor dengan anggaran Rp 20 miliar.

Proyek perbaikan dan pelebaran jalan pengerjaanya dimulai tanggal 1 Agustus 2019 dan ditargetkan selesai pada 27 Desember 2019.

“Tidak hanya pelebaran jalan saja tetapi pekerjaan disertai dengan pendamping jalan di sisi kanan dan sisi kiri sebagai penguat jalan untuk menghindari longsor mengingat kondisi tanah yang berbeda,” kata Mundjidah saat meninjau bersama sejumlah kepala OPD terkait, Kamis (24/10/2019).

Menurut dia, pelebaran jalan yang semula tidak sampai 6 meter menjadi 6 meter sehingga kendaraan yang sebelumnya sulit melewati jalan tersebut karena berpapasan sekarang sudah mudah untuk dilaluinya.

“Sekarang pembangunan sudah mencapai 30 persen yang dijalankan dengan PP4D kejaksaan sebagai pendampingan,” terang Mundjidah, Kamis (24/10/2019).

Dengan adanya perbaikan pelebaran jalan di Bareng dan Wonosalam Mundjidah berharap masyarakat dapat meningkatkan ekonomi dan potensi yang ada di Wonosalam dan bisa memudahkan untuk transportasi, karena antara Wonosalam dan Mojoagung sekarang telah tersedia bus.

Selain itu, potensi masyarakat Wonosalam dapat meningkatkan wisata yang ada di Wonosalam dan saat ini perkembangannya sudah sangat bagus, serta banyak tempat wisata di Wonosalam dan kedepan akan ditambah kembali wisata yang ada di Wonosalam.

Masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik jalan yang telah perbaiki dan dilebarkan tersebut.

“Saya berharap, pembangunan proyek ini untuk meningkatkan seluruh potensi yang ada di Bareng dan Wonosalam. Agar mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya.


Editor: Hafid