oleh

Uji Beban Aman, Daop 7 Minta Satker Pasang Spanduk di 14 Perlintasan

MADIUN (Jurnaljatim.com) – Kementerian Perhubungan melalui Satuan Kerja (Satker) wilayah Jawa bagian timur, bersama PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, kembali melakukan uji beban jalur KA baru segmen Stasiun Jombang sampai dengan Stasiun Baron atau sepanjang lebih kurang 22 KM.

Uji beban tersebut dilakukan dengan menggunakan 1 lokomotif CC 201 77 03 dan 1 kereta makan pembangkit (KMP3) 00903. Tujuannya, persiapa sebelum dilakukan pengalihan jalur atu Switch Over guna mendeteksi keandalan jalur baru dan perangkat alat pengaman yang akan digunakan,

Wisnu Pramudyo Vice President Daop 7 Madiun, mengatakan, uji beban jalur ganda dari Stasiun Jombang yang sudah terkoneksi dengan Stasiun Baron, kemudian dari Stasiun Geneng bersambung sampai Kedungbanteng.

“Target pekerjaan jalur ganda yang telah dikerjakan oleh Kemenhub Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) pada bulan Desember 2019 ini sudah rampung artinya perjalanan KA pada lintas tersebut sudah tidak ada lagi persilangan sehingga waktu tempuh semakin cepat dan bisa ditambah lagi frekuensi perjalanan KA, harapanya dapat meningkatkan perekonomian,” ujarnya saat melakukan pemantauan uji beban di Stasiun Kertosono, Selasa (29/10/2019).

Menurut dia, dari pemantauannya, langsung uji beban telah berjalan dengan baik, selamat, aman, dan lancar. Selanjutnya, akan dilakukan pengoperasian jalur ganda.

“Yang harus menjadi perhatian penting juga adalah pihak Satker harus melakukan sosialisasi secara langsung dengan pemasangan sepanduk di titik-titik jalur perlintasan KA dimana ada sekitar 14 perlintasan dan juga disampaikan ke media bahwa jalur ganda segmen Jombang sampai Baron telah beroperasi,” pungkas Wisnu.

Sekedar diketahui, proyek jalur ganda KA antara Jombang – Madiun di bagi dalam empat tahap. Yaitu segmen Baron – Nganjuk sepanjang 16 KM telah beroperasi mulai bulan Maret 2019, kemudian tahap kedua yaitu segmen Nganjuk-Babadan sepanjang 39 KM telah beroperasi mulai bulan April 2019.

Baca Juga  Menegangkan, Ini Hasil Tes Urine 13 Personil Baru Polres Jombang

Selanjutnya, tahap ketiga segmen Babadan-Madiun sepanjang ± 7 KM dan telah beroperasi sejak tanggal 16 Oktober 2019. Dan tahap ke empat segmen Jombang – Baron sepanjang ± 23 KM yang rencana akan di operasikan mulai tanggal 30 Oktober 2019.

Sementar untuk pengoperasian segmen Jombang – Baron yang mencakup 4 Stasiun yaitu Stasiun Jombang, Stasiun Sembung, Stasiun Kertosono dan Stasiun Baron akan dilakukan mulai Rabu (30/10/201) besok.


Editor: Hafid