oleh

Usai di Rehab, Rumah Warga Ploso Jombang Terbakar

JOMBANG (Jurnaljatim.com)
Pasangan Suami Istri (Pasutri) Yoga Prastya dan Sudarwanti hanya bisa pasrah, melihat bangunan rumah yang baru selesai di rehab, ludes dilalap si jago merah. Meski rumah dan harta bendanya ludes terbakar, mereka bersama keluarganya selamat dalam kejadian tersebut.

Keterangan pemilik rumah Yoga, kebakaran rumahnya di Jalan Diponegoro, RT 04/ RW 05, Dusun Sidopulo, Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, terjadi sekitar jam 19.15 WIB. Saat itu, terlihaat percikan dari stop kontak listri di dalam kamar anaknya. Tak lama, percikan serupa terlihat di kamar istrinya.

“Setelah itu keluar api dan menyambar sprei kasur didalam rumah lalu membakar bangunan yang masih semi permanen dari kayu triplek,” katanya, Sabtu (19/10/2019).

Ia mengatakan, rumah itu baru saja ia rehap, beberapa Minggu lalu. Ia mengaku, saat kebakaran tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga yang ada didalam rumah, sehingga ikut ludes terbakar.

“Tidak sempat menyelamatkan barang jadi ikut terbakar. Yang penting keluarga selamat. Untuk kerugian sekitar Rp 100 juta,” tandasnya.

Kapolsek Ploso Polres Jombang, Kompol Sutikno dikonfirmasi Jurnaljatim.com, membenarkan terjadinya kebakaran di rumah milik Yoga Prasetya tersebut. Ia mengatakan, usai mendapatkan laporan, pihaknya langsung menuju lokasi bersama dengan petugas Identifikasi Polres Jombang.

“Keterangan sejumlah saksi di TKP, sempat ada ledakan karena api menyambar tabung gas Elpiji 3 Kilogram yang berada di dalam rumah korban,” kata Kompol Sutikno.

Untuk melakukan pemadaman, satu unit mobil pemadam kebakaran (PMK) milik Pemkab Jombang didatangkan ke lokasi kejadian. Petugas PMK dibantu warga setempat berjibaku melakukan penyemprotan air untuk menjinakkan si jago merah.

“Api tidak merembet, namun rumah korban habis terbakar api. Untuk korban jiwa nihil,” kata mantan Kapolsek Megaluh ini.

Baca Juga  Timba Air di Sumur, Warga Jombang Dapat Mayat

Menurut Kapolsek, penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik atau hubungan arus pendek stop kontak yang berada di kamar anak korban.

“Dugaan sementara, penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik. Namun, untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran, masih didalami oleh tim identifikasi,” pungkas Kompol Sutikno.


Editor: Z. Arifin