oleh

Hari Pahlawan 2019, Forpimda Ziarah ke Makam Bupati Pertama Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Peringatan hari Pahlawan bertajuk “Aku Pahlawan Masa Kini” pada Minggu (10/11/2019) di Kabupaten Jombang ditandai dengan Upacara Bendera di Alun-alun dan Ziarah ke makam para Pahlawan di Jombang. Pelaksanaan upacara dipimpin langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Upacara diikuti seluruh ASN Pemkab Jombang, Forpimda, Ormas, pelajar, dan para veteran pejuang di Kabupaten Jombang. Kegiatan upacara dan ziarah, sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan pendiri bangsa.

Mundjidah menyampaikam, menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks dan tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain.

Ia berharap, melalui rangkaian peringatan Upacara Hari Pahlawan ini, diharapkan mampu memperkuat nilai nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

“Subtansi peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari,” kata Mundjidah.

Usai menggelar upacara, Bupati bersama Wabup Sumrambah dan rombongan Forpimda berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma bangsa. Mereka melakukan doa dan tabur bunga di makam Bupati Pertama Jombang tahun 1910-1930, RAA Soeroadiningrat dan bupati kedua 1930-1946, RAA Setjoadiningrat.

“Ziarah di Taman Makam Pahlawan merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” kata Kapolres Jombang di lokasi TMP.


Editor: Hafid