oleh

Kebakaran Tiga Rumah di Tuban, Kerugian Rp 250 Juta

TUBAN (Jurnaljatim.com) – Kebakaran hebat melahap tiga rumah warga di Dusun Sumberan, Desa Sumberan, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Kerugian materi dalam kejadian itu mencapai jutaan rupiah.

Emil Pancoro, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, total kerugian ditafsir mencapai Rp 275 juta.

Ia menjelaskan kobaran api itu berasal dari dapur rumah milik Rohmat (55) warga desa lokal. Saat ini pihak keluarga memasak dan ditinggal sampai selesai api merembet ke rumah korban yang terbuat dari kayu.

“Rumah Rohmat rusak parah dan tidak bisa ditempati. Kerugian materi yang dialami korban sekitar Rp 200 juta,”ungkap Emil Pancoro.

Kobaran api itu terus membesar dan merembet ke rumah tetangganya, yaitu rumah milik Ngasri (62) dan Tikli (50). Disetujui, rumah Ngasri yang dibuat dari kayu juga ikut dimakan si jago merah dan rugi mencapai Rp50 juta.

“Rumah Tikli rusak ringan dan masih bisa dihuni, dan taksir kerugian dirumah ini sekitar Rp 25 juta,” ungkap Emil Pancoro.

Mengetahui keberadaan kobaran api warga lokal juga berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya. Namun upaya meraka tak membuahkan hasil lantaran di rumah banyak barang yang mudah terbakar hingga di laporkan petugas.

“Mendapat laporan langsung ke lapangan,” jelasnya.

Selanjutnya, api berhasil dipadamkan dengan melibatkan tiga mobil Damkar dari tim posko Jatirogo dan Mako Tuban. Terkait pemadaman api yang dilakukan warga negara, anggota kepolisian dan TNI.

“Kebakaran bisa dipadamkan dengan melibatkan 3 unit mobil Damkar,” pungkasnya.


Editor: Z. Arifin