oleh

Tes Urine Susulan ASN Pemkab Jombang, 1 Pegawai Positif

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Belasan pegawai (Aparatur Sipil Negara) Pemerintah Kabupaten Jombang mendatangi Markas Kepolisian Resor Jombang, di Jalan KH. Wahid Hasyim, Kamis (7/11/2019). Kedatangan mereka untuk diambil air kencing-nya untuk di tes urine.

Begitu tiba di Polres, satu persatu pegawai diambil urine lalu dimasukkan ke dalam sebuah wadah yang telah di siapkan. Para pegawai membuang air kecil di toilet khusus dan diawasi petugas. Setelah air kencing diambil, kemudian dimasukan alat deteksi Narkotika 6 parameter.

Kasat Reserse Narkoba Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid SH, mengungkapkan, belasan pegawai ASN Pemkab Jombang, Jawa Timur, datang untuk menjalani tes urine susulan di Mapolres Jombang, Kamis (7/11/2019). Tercatat, ada 13 pegawai yang mengikuti tes susulan tersebut. Sementara tiga orang masih bertugas luar kota dan belum menjalani tes.

“Ini yang datang 13 orang. Jadi tinggal 3 orang pegawai yang belum mengikuti cek urine, rencananya besok,” kata Mukid ditemui di ruang kerjanya.

FOTO: Petugas melihat hasil tes urine ASN Pemkab Jombang. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Mukid menjelaskan, dari hasil tes urine terhadap 13 pegawai tersebut, ditemukan 1 orang pegawai perempuan yang positif mengandung methamethamine obat. Selama ini, pegawai itu mengkonsumsi obat batuk Tilomix yang mengandung Dextromethorphan.

“Ada yang positif methamethamina obat, karena yang bersangkutan mengkonsumsi obat batuk Tilomix mengandung Dextromethorphan. Jadi, bukan positif Narkotika,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Jombang menggandeng Satresnarkoba dan BNNK Mojokerto menggelar tes urine serentak terhadap pegawai ASN setempat. Tes urine diikuti 617 pegawai dari berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Aula SMKN 1 Jombang pada 28 dan 29 Oktober 2019.

Selama dua hari tes urine berlangsung, tidak didapati pegawai yang terindikasi mengkonsumsi Narkoba. Hanya ditemukan enam orang pegawai yang positif mengandung Benzo dikarenakan mengkonsumsi obat asma dan alergi.

Baca Juga  Mangsa Ayam, Ular Phyton Bergelantung di Kandang

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, menyampaikan, kegiatan cek urine sebagai bentuk dukungan pemerintah perang melawan terhadap penyalahgunaan Narkotika.

“Kami sangat mendukung pemberantasan Narkoba. Dan siap bekerjasama dengan aparat penegak hukum,” ujar Mundjidah.


Editor: Hafid